Artikel Terbaru

Peninggalan Yohanes Paulus II

[santodominikuspwt.org]
Peninggalan Yohanes Paulus II
Mohon Beri Bintang
HIDUPKATOLIK.comSalah satu peninggalan Bapa Suci Yohanes Paulus II adalah Peristiwa Keempat atau Peristiwa Cahaya. Bagi saya ini adalah kreasi yang agak mengejutkan sekaligus menyegarkan iman setelah sekian lama kita hanya mengenal tiga kelompok peristiwa. Bagaimana proses tersusunnya peristiwa baru tersebut? Apakah akan ada lagi peristiwa ke-5 atau ke-6, dst.? Apakah Luk 4:16-21 cocok dimasukkan ke dalam kelompok Peristiwa Cahaya?
 
Jusuf Pontoh, Jakarta Barat
 
Memang benar, kehadiran Peristiwa Cahaya memberikan kesegaran dalam mendoakan rosario, karena mengajak kita merenungkan kejadian-kejadian penting dalam hidup Yesus. Sebelum itu, kejadian-kejadian itu luput dari renungan selama kita mendoakan rosario.
 
Sulit mendapatkan keterangan bagaimana Bapa Suci memperoleh inspirasi untuk menambahkan Peristiwa keempat itu. Yang bisa kita ketahui adalah alasan penambahan itu, yaitu agar rosario sebagai ”ringkasan Injil” menjadi ”lebih utuh.” Hal ini ditulis secara gamblang pada Surat Apostolik Rosarium Virginis Mariae (bdk. No 19).
 
”Lebih utuh” di sini merujuk pada dihadirkannya kejadian-kejadian penting dalam misi dan pelayanan Yesus. Ketiga Peristiwa yang sudah ada sejak abad XV, memang melompat dari saat Yesus diketemukan kembali di kenisah (Peristiwa Gembira ke-5) ke Yesus berdoa kepada Bapa-Nya dalam sakrat maut (Peristiwa Sedih pertama). Dengan kehadiran Peristiwa Cahaya, lengkaplah penyajian rosario sebagairingkasan seluruh Injil, mulai dari berita kelahiran Yesus sampai Roh Kudus turun atas para Rasul, dan ditambah Maria diangkat ke surga dan dimahkotai di surga.
 
Kemungkinan untuk menambah lagi peristiwa kelima atau keenam secara teoritis tetap terbuka, karena tidak ada alasan yang teologis melarang. Namun demikian, dengan Peristiwa Cahaya renungan tentang lingkaran hidup dan pelayanan Yesus sudah lengkap. Karena itu, kiranya tidak perlu ditambahkan lagi misteri-misteri baru.
 
Dari sekian banyak kejadian dalam hidup dan pelayanan Yesus, hanya lima kejadian yang bisa dimasukkan ke dalam Misteri Cahaya. Kelima kejadian yang dipilih kiranya adalah kejadian-kejadian yang menjadi tonggak sejarah hidup dan pelayanan Yesus. Perikop Luk 4:16-21 memang penting, yaitu sebagai pernyataan program misi Yesus. Tetapi mungkin program misi tersebut sudah bisa dilihat dalam peristiwa pertama yaitu ”Yesus dibaptis di Sungai Yordan” karena suara yang terdengar itu menyatakan identitas dan misi Yesus. Maka, perikop tersebut tidak perlu disertakan.
 

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*