Artikel Terbaru

Membuat Hidup Menjadi Bermakna

[Dok. Penerbit KANISIUS]
Membuat Hidup Menjadi Bermakna
Mohon Beri Bintang

Judul Buku/Seri : Makna Hidup dalam Terang Iman Katolik
Penulis : Yosef Lalu Pr
Penerbit : Kanisius – 2010
Halaman : Jilid I= 312 hal; II= 238 hal; III= 352 hal; IV=302 hal

Tahun 1996, Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) menerbitkan sebuah buku berjudul Iman Katolik. Buku tersebut dimaksudkan untuk menjadi pedoman dan acuan bagi siapa saja yang mau memahami dan mewartakan iman Katolik. Umat Katolik Indonesia menyambut baik terbitnya buku tersebut. Karena banyak menggunakan bahasa teologis, isi buku itu sulit dipahami umat yang tidak mempelajari teologi.

Maka, perlu ada yang membuat buku Iman Katolik menjadi lebih sederhana dan dapat dipahami umat pada umumnya. Pastor Yosef Lalu Pr mengusahakannya dengan menyederhanakan dan menjabarkan isi buku Iman Katolik ke dalam empat jilid buku seriMakna Hidup dalam Terang Iman Katolik. Dari buku penulis ingin menjabarkan iman Katolik dalam konteks kehidupan nyata. Iman hendaknya dihubungkan dengan hidup manusia, sehingga hidup itu mendapatkan makna.

Jilid pertama dari seri ini menjabarkan makna hidup manusia secara umum. Orang yang tidak beriman Katolik pun dapat menerima bahwa hidup ini bernilai, indah, terbatas, dan penuh misteri. Intinya, makna hidup manusia secara umum ingin dijadikan dasar permenungan sebelum seseorang melangkah pada iman Katolik.

Jilid kedua seri ini ingin menggambarkan bahwa ada bermacam cara manusia memahami makna kehidupannya. Karena itu, ada banyak agama dan masing-masing mengajarkan kebaikan. Perlu ada toleransi serta dialog di tengah keanekaragaman itu.

Jilid ketiga seri ini secara khusus membahas mengenai bagaimana iman kristiani akan Yesus Kristus membantu manusia memahami makna hidupnya. Di sini dibahas mengenai pribadi Yesus Kristus dan karya-Nya yang ternyata mampu membuat hidup ini menjadi bermakna.

Jilid keempat membahas Gereja yang berjuang menghayati iman akan Yesus Kristus. Menemukan makna kehidupan dalam terang iman ternyata butuh perjuangan ketika bersentuhan dengan masalah-masalah konkret kehidupan manusia.

Meski terdiri dari empat jilid, sebenarnya seri ini adalah satu kesatuan buku, yaitu penjabaran dari buku Iman Katolik namun dalam bahasa yang lebih mudah dipahami umat. Buku ini patut dimiliki oleh mereka yang ingin memahami dan mendalami iman Katolik serta mewartakannya kepada banyak orang.

Victorrianus Palma

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*