Artikel Terbaru

Mempersiapkan Kaum Muda

[Dok. Penerbit KANISIUS]
Mempersiapkan Kaum Muda
Mohon Beri Bintang

Judul Buku : Orang Muda Mencari Jati Diri
Penulis : Paul Suparno SJ
Penerbit : Kanisius – 2011
Tebal : 336 halaman

”Dion paling suka membanggakan diri dengan mobil barunya. Tentu bukan ia yang membeli, tetapi papinya yang memang sangat kaya. Berkali-kali ia berganti model mulai dari Jazz sampai BMW. Dengan mobil baru itulah, ia mencoba mencari pacar, siapa tahu cewek-cewek zaman sekarang tergiur dengan mobilnya dan akhirnya takluk kepadanya. Yang menarik, cewek yang sungguh cerdas dan mengerti siapa Dion, tidak tertarik. Memang dari kepribadiannya Dion tidak menarik sama sekali. Ia tidak supel, otaknya tidak berisi, dan juga cara bergaulnya kurang bernilai tinggi. Bagi cewek elite, ia sama sekali tidak berarti. Bagi cewek biasa pun, tidak mengesankan” (116).

Kisah di atas merupakan salah satu ilustrasi yang dipakai penulis sebelum membahas sebuah tema yang disajikan dalam buku ini. Dengan gaya penulisan yang khas, penulis mengajak pembaca, khususnya kaum muda, untuk menyadari berbagai tantangan zaman serta memberikan masukan bagaimana sikap yang harus dilakukan.

Buku ini berisi 56 topik tentang berbagai segi yang seringkali dihadapi kaum muda. Setiap topik dapat dibaca lepas sehingga pembaca bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Bahan-bahan yang ada juga bisa dipergunakan dalam permenungan bersama dalam kelompok di mana pertanyaan refleksi yang disajikan di setiap akhir topik bisa digunakan sebagai penuntunsharing pengalaman hidup yang dapat memperkaya anggota.

Secara garis besar, buku ini dikelompokkan dalam tiga bagian. Pertama, berisi sejumlah topik tentang karakter, sikap, dan semangat yang perlu dikembangkan kaum muda berhadapan dengan tantangan di zaman modern ini. Kedua, berisi sikap dan karakter yang perlu dikembangkan dalam berhadapan dengan orang lain, masyarakat, negara, dan alam lingkungan. Ketiga, berisi pencarian dasar religius dalam batin, kemampuan melatih kejernihan batin, terutama dalam mengerti tawaran yang baik dan buruk, dan bagaimana dapat mengerti kehendak Tuhan.

Buku ini sangat cocok dibaca kaum muda yang mencari jati diri dalam dunia yang penuh dengan tawaran nilai ini. Dengan membaca buku ini, diharapkan kaum muda dapat memegang nilai hidup yang kuat, kritis, peka terhadap berbagai tawaran, dan bijak dalam membuat keputusan. Selain itu, buku ini juga cocok dibaca para orangtua untuk lebih memahami pergulatan kaum muda, sehingga diharapkan membangun sebuah keterbukaan dalam diri orangtua terhadap kaum muda.

St. Sigit Pranoto SCJ

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*