Artikel Terbaru

Mewujudkan Kesuksesan dan Kebahagiaan Sejati

[Dok. Penerbit KANISIUS]
Mewujudkan Kesuksesan dan Kebahagiaan Sejati
1 (20%) 1 vote

Judul buku : Aretê: Hidup Sukses Menurut Platon
Penulis : A. Setyo Wibowo
Penerbit : Kanisius, Yogyakarta – 2010
Tebal : 184 halaman

Kesuksesan dan kebahagiaan adalah dambaan setiap orang. Kesuksesan dan kebahagiaan telah menjadi perbincangan sejak zaman dulu. Salah satunya dibahas Platon yang hidup 2.500 tahun lalu.

Dalam dunia modern, money, fame, power, and status(uang, kesohoran, kekuasaan, dan status) menjadi impian kesuksesan semua orang (hal 13). Karena itu, banyak orang berlomba-lomba dengan berbagai cara untuk memperoleh uang, popularitas, kekuasaan, dan status demi menggapai kesuksesan dan kebahagiaan yang dirindukannya.

Namun, seringkali ketika uang, reputasi, dan nama terkenal telah diraih, kesuksesan dan kebahagiaan tak juga direngkuh. Beberapa orang lalu beranggapan apa yang telah diraih belumlah cukup. Lalu, mereka terus memperkaya diri atau merekayasa diri demi sebuah citra. Dalam keadaan ini, kita disadarkan bahwa hasrat manusia akan uang dan reputasi sesungguhnya merupakan hasrat irasional yang cenderung tak terbatas.

Begitu banyak manusia yang semula merasa telah ada di puncak kesuksesan justru mengalami kehampaan hidup. Berkelimpahan uang, juga popularitas, kekuasaan, dan status yang tinggi tak juga melahirkan kebahagiaan. Uang, popularitas, kekuasaan, dan status telah menjadi tuan, bahkan memperbudak manusia.

Benjamin Franklin menuturkan: Succes has ruined many man, kesuksesan telah menghancurkan banyak orang (hal 14). Pada akhirnya manusia bertanya: Dari mana sesungguhnya kebahagiaan itu muncul? Apakah kebahagiaan itu muncul dari kesuksesan eksternal atau dari dalam diri kita sendiri?

Buku ini menuntun kita untuk mengikuti cara berpikir Platon yang sangat rasional untuk menggapai kesuksesan sejati. Kesuksesan sejati itu akan memberi efek kebahagiaan yang mendalam dan langgeng. Manusia merindukan kesuksesan dan kebahagiaan yang abadi.

Kesuksesan dan kebahagiaan sesungguhnya terkait dengan keterampilan memilih. Buku ini menuntun kita untuk lebih kritis dan rasional dalam menapaki hari-hari kehidupan kita. Penulis buku ini berharap, tawaran pemikiran Platon akan membantu kita memiliki sudut pandang mengenai kesuksesan secara utuh dan menyeluruh, sehingga kita berani memilih dengan benar mana yang menjadi prioritas hidup kita (hal 10).

Buku ini juga dapat menjadi sahabat dalam menekuni peziarahan hidup kita yang merindukan kesuksesan dan kebahagiaan sejati.

Br Sidharta Susila FIC

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*