Artikel Terbaru

Mgr Hila, Api Religius Sejati

Mgr Hilarius Moa Nurak SVD
Mgr Hila, Api Religius Sejati
1 (20%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – Pribadi alm. Mgr Hilarius Moa Nurak SVD layak diteladan karena ketulusannya berkhidmat pada sesama, wabil khusus umat Katolik. Uskup Pangkalpinang ini ramah bergaul, humoris dan empatik. Awalnya, kami berinteraksi dengannya saat PW GP Ansor era Darwis Netta bekerjasama dalam “Seminar Agama dan Kemanusiaan”. Lalu saat PW GP Ansor ikut meletakkan batu pertama pembangunan Seminari Menengah Mario John Boen. PW GP Ansor juga ikut hadir dan menyemarakkan penutupan Tahun Iman 2013 di Belinyu. Semua mengalir penuh sapa dan rasa.

Ketika PW GP Ansor ikut memikul keranda Mgr Hila awal Mei, tentu bukan kebetulan. Ini buah interaksi terkait dengan paradigma keagamaan, mentalitas sosio-kemanusiaan, serta ketulusan saling memahami dan membesarkan sebagai khalifah Tuhan. Kita ini hamba dengan ikhtiar manusiawi. Selebihnya, cara dan kebijakan Tuhan yang menentukan.

Alangkah kurang nyaman jika di antara kita terus mengklaim paling benar dan sahih, lalu menafikan peran maupun eksistensi yang lain. Sebagai manusia, kadang kita tak berdaya atas temuan kita, baik secara ilmu maupun agama. Sebab, Tuhan punya kerangka evaluatif dan edukatif bagi tiap insan. Sejak awal, Dia paham kualitas kita dalam segala aspek. Sama sekali tak elok menutup diri dari realitas sosial di sekitar kita. Padahal untuk mengenali kualitas diri, perlu menyelami diri dari luar maupun dari dalam.

Menyelami diri dari luar menjadi pengukuhan atas cermin kedaulatan diri. Dan menyelami diri dari dalam merupakan muhasabah (introspeksi penuh) dan pengasahan iman sekaligus martabat kehambaan di hadapan sesama dan Tuhan. Dua jalan ini tak lagi tersekat iman “mazhabi”. Inilah iman aktual dan menembus batas parsial kemanusiaan, sebab Tuhan tetap Tuhan–tak tergantung ego manusia.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*