Artikel Terbaru

Santo Antonius, Doakanlah Kami

St Antonius Padua
[catholictradition.com]
Santo Antonius, Doakanlah Kami
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Antonius memiliki sebuah buku mazmur. Ia juga biasa menulis catatan-catatan kecil dalam buku itu yang digunakan untuk mengajar para saudara di Ordo Fransiskan. Suatu ketika, seorang novis Fransiskan meninggalkan ordo dan mengambil buku mazmur milik Antonius. Antonius merasa amat kehilangan. Ia berdoa agar buku tersebut kembali. Doanya terkabul. Si novis mengembalikan buku mazmur milik Antonius. Saat ini, buku miliki Antonius yang dicuri itu disimpan di sebuah biara Fransiskan di Bologna, Italia.

“Santo Antonius, Santo Antonius, berpalinglah. Ada barangku yang hilang dan harus ditemukan.” Demikian umat hingga saat ini masih kerap memohon kepada Allah melalui perantaraan St Antonius Padua untuk menemukan barang yang hilang atau dicuri. Ia pun lantas sangat dikenal sebagai “Santo pelindung barang hilang”.

Antonius lahir dengan nama baptis Fernando di Lisabon, Portugal, medio 1195. Ia putra tunggal pasangan Martin dan Maria Bulhom. Saat dewasa, ia memilih panggilan menjadi imam Ordo Fransiskan. Ia dikenal amat piawai berkhotbah. Ia diutus ke Perancis, Italia, dan Sisilia. Umat berduyun-duyun untuk mendengarkan khotbahnya. Selama sembilan tahun, ia berkhotbah, mempertobatkan banyak orang, dan melakukan mukjizat di Perancis, Sisilia, dan Italia.

Karena sibuk, ia melupakan kesehatan. Ia jatuh sakit dan wafat pada 13 Juni 1231, saat berusia 36 tahun. Satu tahun kemudian, 1232, Paus Gregorius IX mengkanonisasi Antonius. Ia pun dikenal sebagai St Antonius dari Padua. Pada 1946, Paus Pius XII mengumumkan St Antonius sebagai Pujangga Gereja Universal. Pesta St Antonius dari Padua dirayakan setiap 13 Juni.

St Antonius kerap digambarkan para seniman sedang memegang buku, bunga lili, dan obor. Ia juga sering dilukis sedang berkhotbah kepada ikan, memegang monstrans, dan berkhotbah di hadapan orang banyak. Tapi sejak abad ke-17, St Antonius digambarkan sedang menggendong Bayi Yesus. Menurut kisah, suatu ketika, St Antonius mengunjungi seorang bangsawan Chatenauneuf. Pada tengah malam, ketika ia sedang berdoa, seketika ruangan menjadi terang benderang. Saat itu, sang bangsawan melihat Bayi Yesus hadir di hadapan St Antonius. Tapi sang bangsawan berjanji tak akan bercerita kepada siapapun sampai setelah St Antonius wafat.

St Antonius dari Padua juga dikenal sebagai pelindung pelaut, nelayan, dan pelancong. Di Portugal, Italia, Perancis, dan Spanyol, St Antonius dijadikan sebagai santo pelindung bagi para pelaut dan nelayan. Patung St Antonius kadang diletakkan di tiang-tiang kapal. Beberapa kisah juga menyebutkan bahwa para pelancong sering berdoa melalui perantaraan St Antonius dari Padua.

Di dalam Ordo Fransiskan, St Antonius disebut sebagai guru dan pengkhotbah ulung. Ia pengajar pertama dalam Ordo Fransiskan, diberikan berkat serta tugas khusus tersebut oleh St Fransiskus dari Assisi.

Devosi kepada St Antonius dari Padua dibawa para imam Ordo Fransiskan ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Di paroki-paroki, terutama yang digembalakan para imam Fransiskan, biasa selalu menggelar Novena St Antonius Padua setiap tahun.

Y. Prayogo

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*