Artikel Terbaru

M Antonius van Ooij SCJ: Misionaris Pertama Dehonian di India

Martinus Antonius van Ooij SCJ
[HIDUP/Yanuari Marwanto]
M Antonius van Ooij SCJ: Misionaris Pertama Dehonian di India
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comIa tak menyangka akan diutus menjadi misionaris perdana Dehonian di India. Doa dan karya Roh Kudus menjadi berkah, lima seminari karya SCJ berdiri di Negeri Hindustan.

Romo Martinus Antonius van Ooij SCJ terperangah. Superior Jendral Tarekat Imam-imam Hati Kudus Yesus (Sacerdotum a Sacro Corde Jesu, SCJ), Pater Virginio Domingo Bressanelli SCJ tiba-tiba mengutusnya ke India. “Ini permintaan atau perintah?” tanya Romo Ooij kepada Superior Jendral SCJ. Ia keberatan. Saat itu, tahun 1994 usianya sudah menginjak 58 tahun.

Secara diplomatis, Romo Ooij menyarankan agar Pater Bressanelli membahas hal itu bersama Provinsial SCJ Indonesia. Menurut informasi dari Romo Paulus Sugino SCJ, Tarekat Dehonian Provinsi Indonesia pun tak setuju. “Jika Romo Ooij ke India, tak ada orang kuat lagi di keuskupan (Tanjungkarang–Red),” ujar Romo Ooij mengutip pendapat koleganya itu.

Memulai Misi
Sebelumnya, Pater Bressanelli memuji program pastoral yang dibuat Romo Ooij untuk umat Paroki St Paulus Kotagajah, Keuskupan Tanjungkarang. “Ini pertama kali saya lihat program paroki yang visi, misi, dan rancangannya jelas,” kata Romo Ooij mengutip kesaksian Pater Bressanelli.

Imam kelahiran Deurne, Belanda, 14 Desember 1935 ini mengetahui, Pater Bressanelli kembali ke Roma dengan kecewa. Karena itu, Romo Ooij berharap agar Dewan SCJ Provinsi Indonesia menggelar rapat lagi. Romo Ooij yang semula berat meninggalkan Indonesia akhirnya bersedia bermisi ke India. Katanya, tantangan dan semangat misionerlah yang membuatnya berbalik dan menyukai misi ke sana.

SCJ Provinsi Indonesia merelakan Romo Ooij pergi ke India. Sebelum ke India, Romo Ooij mempersiapkan dirinya di Roma. Di Kota Abadi, ia sempat bertemu dan bertanya kepada Pater Bressanelli, “Saya harus ke mana begitu tiba di India?” Pater Bressanelli tak tahu. Sebab, dirinya pun belum pernah berkunjung ke negara yang memiliki luas wilayah sekitar 3.2 juta kilometer persegi itu.

Pater Bressanelli hanya mengatakan, Romo Ooij bermisi ke India untuk menghadirkan SCJ dan mendirikan komunitas Dehonian di sana. “Bagaimana caranya?” tanya Romo Ooij. “Tidak tahu,” jawab Pater Bressanelli. “Tetapi Roh Kudus akan menyertai kamu” katanya. Romo Ooij terbang berdua bersama kolega setarekatnya ke India.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*