Artikel Terbaru

Jalan Panjang Stasi St Polikarpus Grogol

Misa di Gereja Stasi St Polikarpus Grogol, Minggu, 17/7.
[HIDUP/Christophorus Marimin]
Jalan Panjang Stasi St Polikarpus Grogol
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comGereja Stasi St Polikarpus, Paroki St Kristoforus Grogol, Jakarta Barat, banyak diminati umat untuk menggelar pemberkatan pernikahan. Relasi dengan agama lain pun diperkuat.

Hendra duduk di dalam pos jaga yang terletak di sisi kiri pintu gerbang Gereja Stasi St Polikarpus Grogol, Jakarta Barat. Ia bercakap-cakap dengan satuan keamanan (satpam) dan beberapa orang lain. Dari suara yang terdengar hingga keluar, satpam dan orang-orang tersebut menceritakan kondisi gedung gereja dan beberapa bagian lain yang belum rampung diperbaiki. Hendra pun menanggapi dengan memberi petunjuk. “Beginilah, harus memandu mereka untuk mengerjakan bagian-bagian gereja yang masih perlu diperbaiki,” ucap Hendra saat meninggalkan pos jaga, lantas berjalan menuju ruang Sekretariat Stasi St Polikarpus Grogol.

Di stasi yang masuk dalam reksa pastoral Paroki St Kristoforus tersebut, pria bernama lengkap S. Hendra Gunawan ini menjabat Ketua Dewan Stasi. Tugas itu ia emban sejak 2011. Keterlibatan Hendra dalam denyut perjalanan Stasi St Polikarpus sudah sangat lama. Ketika gedung gereja mulai dibangun pada 2009, Hendra adalah salah satu orang yang ikut bertanggungjawab dalam proses pembangunan. “Saat mulai membangun gereja ini, dana yang kami punyai hanya sekitar satu miliar rupiah. Dana itu kami pakai untuk membangun fondasi. Seiring berjalannya waktu ternyata banyak sumbangan yang mengalir begitu saja. Akhirnya pembangunan gereja selesai dengan menelan biaya sebelas miliar rupiah,” ujar Hendra yang memiliki latar belakang pendidikan teknik sipil.

Di Sekretariat Stasi St Polikarpus belum ada pegawai. Yang sehari-hari berjaga di situ adalah Catharian L. Lenny. Ia adalah istri Hendra yang menjabat Seksi Rumah Tangga Pastoral dalam struktur kepengurusan stasi. Ia menangani segala urusan sekretariat, seperti jadwal kegiatan stasi, penggunaan gedung, data-data stasi, dan lain-lain.

Awal berdiri
Proses menggereja di Stasi St Polikarpus sudah dimulai pada 2000. Setahun kemudian, Misa secara rutin sudah diadakan meski hanya menggunakan gedung sederhana, yakni sekolah Taman Kanak-Kanak Tanjung yang terletak tak jauh dari lokasi gereja saat ini.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*