Artikel Terbaru

AKBP Ronald Reflie Rumondor: Tugas Mulia Kapolres Wonogiri

AKBP Ronald Reflie Rumondor
[Fr Benediktus Yogie Wandono SCJ]
AKBP Ronald Reflie Rumondor: Tugas Mulia Kapolres Wonogiri
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comRonald menapaki karir di Kepolisian dari bawah. Bagi Kapolres Wonogiri, Jawa Tengah ini, Polisi harus hadir di tengah masyarakat untuk melayani.

Suasana Desa Tataaran Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara mendadak mencekam. Hal itu dipicu bentrok antara mahasiswa asal Papua dan masyarakat setempat. Akibat perkelahian massal itu, satu mahasiswa meninggal dunia. Para mahasiswa diliputi ketakutan karena jumlah mereka lebih sedikit. Mereka bertahan di asrama mahasiswa sembari menyiapkan aneka senjata untuk berjaga-jaga bentrokan lanjutan bakal terjadi. Mereka tidak lagi percaya pada orang di luar asrama. Orang yang bukan dari kelompok me reka pasti akan diserang.

Di tengah konflik horisontal itu, Kapolres Minahasa AKBP Ronald Reflie Rumondor berusaha tenang. Ia mendatangi masyarakat Tataaran agar segera menghentikan serangan. “Para mahasiswa itu juga manusia. Jangan diserang!” perintah Ronald kala itu.

Setelah berhasil meredakan amarah masyarakat, Ronald berusaha masuk ke asrama mahasiswa. “Saya Polisi!” teriaknya. Mendengar kata-kata Ronald, para mahasiswa yang semula bersembunyi dan tiarap dengan beragam senjata berani keluar serta mau diajak dialog. “Waktu itu saya tidak mengenakan pakaian polisi, namun mereka percaya. Mungkin karena mereka membutuhkan pengamanan dan mereka percaya polisi bisa melakukan,” ujarnya.

Dari peristiwa itu Ronald semakin sadar bahwa memberikan rasa aman kepada masyarakat adalah sebuah pelayanan. “Tujuan kami mulia kok. Seberat apapun pasti bisa dan orang akan percaya kepada kami,” tandas Ronald.

Tahun lalu, ketika masyarakat Sulawesi Utara menggelar pesta demokrasi pemilihan gubernur dan wakil gubernur, Ronald memimpin jajaran turun memberikan rasa aman. Alhasil, pesta demokrasi berjalan dengan lancar dan aman. Sebagai ganjaran, Kepolisian Resor Minahasa mendapat penghargaan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Utara. Ronald juga mendapat penghargaan untuk kategori Kapolres terbaik dalam memfasilitasi kegiatan pengawasan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Utara.

Setelah dua tahun melayani masyarakat di tanah kelahirannya, awal tahun ini, Ronald dipindahtugaskan sebagai Kapolres Wonogiri, Jawa Tengah. Sebagai abdi negara, ia pun siap menjalani tugas dipercayakan kepadanya.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*