Artikel Terbaru

St Solomon Nicholas Leclerq FSC: Bruder Martir Revolusi Perancis

Gambar St Solomon Nicholas Leclerq dengan latar belakang lambang Kongregasi de la Salle
[divinceworld.com]
St Solomon Nicholas Leclerq FSC: Bruder Martir Revolusi Perancis
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comIa memutuskan menjadi Bruder de la Salle. Ia mengabdikan hidupnya untuk memajukan karya pendidikan di Perancis hingga wafat sebagai martir di masa Revolusi Perancis.

Biara Karmel Maréville, Perancis berubah menjadi penjara. Tempat itu digunakan untuk menyekap sedikitnya 188 uskup, imam dan kaum religius. Gerak mereka tak luput dari peng awasan ketat tentara revolusioner. Ancaman dan bau kematian terus menghantui.

Meski berada di biara, mereka dilarang berdoa dan menjalankan tugas sebagai kaum berjubah. Siksaan fisik menjadi santapan tiap hari. Tak ada ampun bagi siapapun yang menolak aturan baru penghapusan kewenangan Gereja soal kekayaan. Dalam upaya mengatasi krisis keuangan akibat Revolusi Perancis (1789 -1799), Majelis memutuskan, properti Gereja menjadi milik negara. Semua tanah milik Gereja dijual. Hidup monastik dan semua tarekat keagamaan dibubarkan. Biarawan-biarawati disarankan kembali ke kehidupan mereka semula.

Aturan ini mendapat perlawanan dari para uskup, imam dan kaum religius yang ditahan dalam Penjara Karmel. Mereka disiksa dan banyak yang lunglai karena hanya diberi makan sekali sehari. Penyakit dan kesepian mendera. Tubuh mereka terbujur tak berdaya di tengah ruangan yang pekat. Kaki mereka dipasung agar tak bisa berjalan. Mereka sedikit bebas hanya saat kerja paksa yang dilakoni dari pagi hingga malam.

Pagi, 2 September 1792, menjadi hari terakhir bagi mereka. Mereka dikumpulkan di halaman biara itu. Sesuai perintah, para pembangkang harus dihukum mati. Tentara revolusioner membunuh secara tragis para tahanan. Mereka tewas sebagai martir Revolusi Perancis.

Salah satu dari tahanan yang tewas adalah Br Solomon Nicholas Leclerq FSC, anggota Kongregasi Fratres Scholarum Christianarum atau Bruder De la Salle.

Keluarga Kaya
Br Solomon lahir dengan nama Guillaume Nicolas Louis Leclerq. Masa kecilnya dijalani dalam kelimpahan harta. Ayahnya seorang pedagang anggur kaya di Boulogne, Perancis. Usahanya cukup untuk menghidupi Nicolas dan empat saudaranya. Karenanya, kelahiran Boulogne-sur-Mer, Pas-de-Calais, Perancis, 14 November 1745 ini tak pernah kekurangan. Semua yang ia inginkan pasti dikabulkan sang ayah.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*