Artikel Terbaru

Berbahagialah yang Berbelaskasih

Paus Fransiskus menyapa kaum muda dalam WYD 2016.
[turismonomade.com]
Berbahagialah yang Berbelaskasih
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comWznosze swe oczy ku górom, skad (Aku mengangkat pandanganku ke atas gunung)/Przyjdzie mi pomoc; (Dari mana pertolongan akan datang kepadaku)/Pomoc od Pana, wszak Bogiem On (Keselamatan akan datang kepadaku dari Allah, Tuhanku)/Miłosiernym jest (Sebab Dialah belas kasih). Lirik lagu berjudul “Błogosławieni Miłosierni” (Berbahagialah yang berbelaskasih) ini terpilih dari sekitar 94 rancangan lagu yang diterima panitia World Youth Day (WYD) 2016.

Official theme song WYD ini ditulis Jakub Blycharz, seorang komposer dari Kraków. Debut lagu ini pada 6 Januari 2015. Aleksandra Maciejewska, Katarzyna Bogusz, dan Przemysław Kleczkowski, penyanyi berkebangsaan Polandia terpilih untuk menyanyikan lagu ini.

Di ayat kedua lagu ini dikutip dari perumpamaan tentang domba yang hilang dari Injil Lukas. Kutipan ini menceritakan harapan tentang upaya tak kenal lelah Allah untuk membawa hanya satu orang kembali ke kepenuhan hidup. Melalui kematian-Nya di kayu salib, Yesus memberi kita kehidupan baru, Ia membawa manusia kepada keselamatan kekal.

Lagu ini juga telah diterjemahkan ke dalam 15 bahasa termasuk bahasa Arab, Korea dan Mandarin. Versi bahasa Inggris dipersiapkan kolaborasi antara Konferensi Uskup Katolik Amerika Serikat, Konferensi Uskup Katolik Australia, dan Konferensi Uskup Katolik Inggris dan Wales. Dalam setiap versi menampilkan vokalis dari setiap benua dan direkam di negara masing-masing yang kemudian digabung bersama. Lagu ini ditampilkan perdana pada tanggal 28 Juli 2015, satu tahun penuh sebelum WYD .

Sang vokalis lagu tema ini menceritakan, “Selama mengerjakan lagu ini, banyak hal terjadi, ruangan terlalu dingin, pemain biola membeku jarinya dan aku benarbenar sakit saat rekaman. Aku minum banyak air mineral. Namun aku sadar dalam keadaan normal rekaman ini seharusnya tidak terjadi,” demikian Katarzyna Bogusz. Di situs berbagi video Youtube theme song ini bisa didengar dalam berbagai versi.

Antonius E Sugiyanto

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*