Artikel Terbaru

Damian de Veuster Alvin: Penggagas Wonosobo Costum Carnival

Alvin bersama warga yang mengikuti Pelatihan Kreasi dan Inovasi Batik Tingkat Lanjutan Kabupaten Wonosobo.
[NN/Dok.Pribadi]
Damian de Veuster Alvin: Penggagas Wonosobo Costum Carnival
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comIa pernah putus sekolah. Pengalaman jatuh bangun memicunya terus bangkit menghadapi tantangan. Desainer asal Wonosobo ini menggagas karnaval kostum di kota kelahirannya.

Nama Damian de Veuster Alvin Aribowo Lee saat ini cukup berkibar di seantero Wonosobo dan beberapa kota di Jawa Tengah. Pasalnya, pria pemilik Omah Tjilik House of Kebaya ini adalah penggagas Wonosobo Costum Carnival (WCC). Alvin ingin mendulang sukses seperti perhelatan Jember Costum Carnival yang telah memasuki tahun ke-12.

Ide Alvin ini dimulai pada 2010. Ia mengajukan proposal tentang Wonosobo Costum Carnival kepada Bupati Wonosobo kala itu H. Kloliq Arif. Beruntung, proposal Alvin langsung disetujui pemerintah. Pada perhelatan pertama, Wonosobo Costum Carnival mengambil tema Masquirade in Recycle. Lantaran baru pertama kali digelar, masih banyak warga yang belum paham. Alvin pun harus berjibaku membuat kostum untuk seluruh peserta karnaval.

Setahun kemudian, desainer kelahiran Wonosobo, Jawa Tengah, 14 Oktober 1983 ini, memutar akal agar warga bisa terlibat. Ia mulai melatih warga masyarakat untuk turut serta membuat kostum. Ia mengajak serta para pemilik salon di Wonosobo untuk terlibat. Alhasil, penyelenggaraan Wonosobo Costum Carnival semakin meriah dari tahun ke tahun. Warga juga semakin antusias terlibat dan menonton Wonosobo Costum Carnival.

Kini, peserta Wonosobo Costum Carnival tak hanya dari kota Wonosobo saja. Peserta berdatangan dari daerah-daerah lain. Pun pada Wonosobo Costum Carnival yang baru digelar Juli lalu.

Putus sekolah
Kemampuan menggambar Alvin telah terbit sejak duduk di bangku sekolah dasar. Ia paling gemar menggambar tokoh-tokoh komik, seperti Sailor Moon dan Dragon Ball. Talenta menggambar ini tetap ia asah ketika masuk SMP Negeri I Wonosobo.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*