Artikel Terbaru

Kasih yang Mendaging

Ulil Abshar Abdalla, Maria Sinta E. Hidayat
[NN/Dok.HIDUP]
Kasih yang Mendaging
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comWarisan Bunda Teresa adalah teladan mendagingkan love, care, dan dignity. Pribadi dan karyanya menginspirasi banyak orang.

Luapan kebahagiaan menghiasi suasana komunitas para Suster Misionaris Cinta Kasih (MC) di Weoe, Keuskupan Atambua. Kanonisasi Bunda Teresa menjadi rahmat terindah tahun ini. Bunda Teresa bukan lagi milik MC, tapi milik semua orang. Muder komunitas MC Atambua menjelaskan, kebahagiaan ini tak hanya dirasakan komunitas MC, tapi seluruh dunia. “Secara pribadi, saya sungguh bersyukur. Seluruh suster sangat gembira dengan kanonisasi ini,” ujarnya.

Kanonisasi Bunda Teresa pada Tahun Suci Kerahiman Allah ini dapat dimaknai sebagai cerminan belas kasih Tuhan. Bunda Teresa memanusiakan dan menghargai mereka yang miskin dan tersingkir. Kasih Yesus mengalir melalui Bunda Teresa untuk mengangkat harga diri mereka yang paling hina. Ia mampu melihat Yesus dalam diri orang miskin dan lemah. Para suster pengikutnya pun menghidupi wasiat Bunda Teresa, love, care, dignity. “Karya Bunda Teresa membawa orang kepada Yesus dan membawa Yesus kepada mereka,” ungkap seorang suster anggota Komunitas MC Atambua.

Mgr Antonius Subianto Bunyamin OSC, Uskup Bandung

“Bunda Teresa melihat dunia dengan mata Ilahi, menolong sesama dengan tangan Allah, dan menjumpai Yesus dalam diri sesama, terlebih yang terlantar, lapar, dan terkapar. Pelayanannya adalah wujud nyata pembaktian diri kepada Allah. Hidup mistik dalam relasi dengan Allah yang ditekuni lewat doa, Ekaristi, dan adorasi dinyatakan dalam tindakan profetis dengan cara memanusiakan manusia yang sudah tak diperlakukan manusiawi. Orang sudah mulai tumpul hati nuraninya sehingga tuli kepada jeritan sesama yang menderita, serta buta terhadap ketidakadilan dan kejahatan. Kiranya kedalaman hidup spiritual Bunda Teresa meneguhkan perjuangan umat Katolik dalam hidup menggereja dan bermasyarakat.”

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*