Artikel Terbaru

Mgr H.J.S. Pandoyoputro Ocarm: Sosok yang Dibutuhkan Malang

Uskup Malang Mgr Herman Joseph Sahadat Pandoyoputro OCarm saat ditemui di Gedung Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Cut Meutia Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 9/11.
[Dok.HIDUP]
Mgr H.J.S. Pandoyoputro Ocarm: Sosok yang Dibutuhkan Malang
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – MGR H.J.S. Pandoyoputro OCarm memberikan beberapa nama imam di Keuskupan Malang dalam daftar imam yang dipandang mampu menjadi uskup kepada Nunsius Apostolik untuk Indonesia Mgr Antonio Guido Filipazzi. Kemudian Mgr Filipazzi meminta Mgr Pandoyo mengirimkan satu nama lain. Mgr Pandoyo mengungkapkan tak tahu persis siapa dari nama-nama yang dikirimkan itu yang akan ditunjuk sebagai Uskup Malang.

Pada Juni, Mgr Pandoyo mendapatkan kabar bahwa Bapa Suci memilih Romo Henricus Pidyarto Gunawan OCarm sebagai penggantinya. “Karmelit tidak memikirkan ada yang jadi uskup lagi. Nampaknya Paus Fransiskus memiliki pandangan yang melampaui kami.”

Keuskupan Malang, kata Mgr Pandoyo, membutuhkan seorang uskup yang bisa melayani semua lapisan umat, termasuk para biarawan-biarawati. Seorang gembala sekurang-kurangnya mesti bisa membina kelompok kategorial yang punya panggilan pewartaan. Keahlian Mgr Pidyarto sebagai ahli Kitab Suci dianggap ideal dengan tantangan dan kebutuhan Keuskupan Malang ke depan. Mgr Pandoyo menegaskan, Malang memiliki banyak biara dan lebih dari seribu klerus. Maka, dengan segala yang dimiliki Mgr Pidyarto, diharapkan menular kepada para klerus agar umat Keuskupan Malang semakin mengalami dan menyadari panggilan sebagai umat Katolik; untuk meletakkan hidup yang berpusat kepada Alkitab. “Dan yang tak kalah penting, ia sosok yang sederhana, rendah hati, dan saleh,” ujar Mgr Pandoyo.

Edward Wirawan

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*