Artikel Terbaru

Agnes Bemoe: Agnes dan Cerita Anak

Agnes Bemoe (kiri) dalam sebuah acara tentang buku anak-anak.
[NN/Dok.Pribadi]
Agnes Bemoe: Agnes dan Cerita Anak
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comKesibukan sebagai guru membuat Agnes meninggalkan dunia penulisan. Pada suatu titik, ia kembali dan mencatatkan nama sebagai penulis buku cerita anak-anak.

Kala kecil, banyak waktu dilewatkan Agnes Bemoe menghanyutkan diri dalam setiap cerita yang dibacakan orangtuanya. Setelah bisa membaca sendiri, kegemaran akan cerita semakin menjadi-jadi. Agnes pun tumbuh dengan imajinasi yang kuat.

Masuk sekolah dasar, Agnes menemukan wadah menyalurkan setiap imajinasi lewat pelajaran Mengarang. “Saya suka pelajaran Mengarang. Inilah yang mulai menyiram bakat menulis, yang saat itu tidak saya sadari,” tutur si bungsu dari lima bersaudara ini.

Melalui tulisan, nama Agnes secara berkala hadir di papan majalah dinding dan majalah sekolah. Bahkan, ia meraih juara pertama Lomba Karya Tulis Tingkat SMP se-JawaTimur pada 1982. Kesukaannya menulis masih terus berlangsung hingga ia duduk di bangku SMA.

Menempuh kuliah, Agnes “naik kelas”. Tulisannya mulai merambah media massa. Beberapa kali, cerita pendeknya dimuat di Harian Kedaulatan Rakyat Yogyakarta. Meski gemar menulis, tak terbersit dalam dirinya untuk menjadi penulis. Malah ia bercita-cita menjadi guru. Ia pun menempuh pendidikan di jurusan Pendidikan Bahasa Jerman IKIP Yogyakarta.

Menjadi Guru
Lulus kuliah, Agnes diajak Romo Yohanes Salim, yang saat itu Ketua Yayasan Prayoga Riau, untuk berkarya di Riau. Yayasan Prayoga yang berada di bawah naungan Keuskupan Padang memiliki tak kurang dari 30 sekolah. Karya yayasan ini tersebar dari Air Molek di Riau bagian selatan sampai ke Pulau Rupat di Riau bagian utara.

Agnes menerima ajakan Romo Yohanes dengan gembira. Cita-cita menjadi guru meringankan langkahnya meninggalkan Jawa menuju Sumatera. Di sana ia mengajar di beberapa sekolah; di Bagansiapiapi, Duri, Dumai, dan Pekanbaru.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*