Artikel Terbaru

Berjuang di Jakarta

Berjuang di Jakarta
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Banyak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang menjadi korban penyiksaan pulang ke Tanah Air melalui Jakarta. Mereka ditampung pemerintah sebelum dikembalikan ke daerah masing-masing. Banyak pula penuntut keadilan yang harus datang ke Jakarta agar suara mereka didengar oleh pengampu keadilan tertinggi negara ini.

Ada juga orang-orang yang berjuang mengkritisi Peraturan Daerah (Perda) yang berlawanan dengan undang-undang, tidak mengakomodasi rakyat miskin, dan diskriminatif, yang harus ke Jakarta untuk mencari keadilan di Mahkamah Konstitusi. Perjuangan mereka kadang harus dilalui dengan tidur di jalan dengan tenda seadanya. Masih banyak pula perjuangan pencari keadilan lainnya yang hadir meramaikan Ibukota.

Melihat keadaan para TKI, juga para pencari keadilan ini, Gereja tidak tinggal diam. Beberapa pelayanan sudah dilakukan Komisi Keadilan, Perdamaian dan Pastoral Migran Perantau (KKPPMP) Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) yang berkantor di Jakarta juga komunitas lainnya. Tentu pelayanan KKP-PMP KWI di Jakarta ini belum maksimal, karena konsentrasi layanan mereka meluas ke seluruh Indonesia.

Kita patut bersyukur dengan langkah Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) yang membentuk Komisi Keadilan Perdamaian (KKP). Banyak harapan tertumpu kepada komisi yang diresmikan pada Minggu, 28 Agustus lalu. Selain mengatasi masalah di KAJ, tentu komisi ini tidak bisa tinggal diam jika ada pencari keadilan dari daerah yang memperjuangkan hak-haknya sampai Jakarta.

Dengan berbagai masalah yang dihadapi, komisi ini menuntut peran serta umat KAJ dalam mengatasi berbagai persoalan. Umat KAJ harus bergerak mendukung dan terlibat. Tentu saja, kerja sama KKP KAJ dengan KKP Keuskupan lain yang sudah lama berdiri dibutuhkan pula, sebab korban-korban ketidakadilan kadang juga berasal dari daerah.

Redaksi

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*