Artikel Terbaru

Mencegah Korupsi

Mencegah Korupsi
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Pada Rabu, 5/10, dalam Pembukaan Konferensi Dunia Olahraga dan Kepercayaan se-Dunia di Aula Paulus VI Vatikan, Paus Fransiskus mengajak pemimpin dan masyarakat olahraga untuk melawan korupsi dalam dunia olahraga. Kita tentu ingat, pada pertengahan 2015, dunia sempat digegerkan dengan kasus korupsi di organisasi tertinggi sepak bola dunia, Federation of International Football Association (FIFA). Sungguh disayangkan, para petinggi dalam organisasi olahraga yang populer ini ditangkap karena korupsi.

Dengan kejadian ini citra olahraga menjadi tercemar dan bisa merusak kepercayaan masyarakat terhadap olahraga. Selain tak percaya, masyarakat juga bisa kehilangan antusiasme dan kegembiraan dalam olahraga. Padahal, olahraga merupakan sarana ampuh dalam memajukan nilai-nilai kemanusiaan, persatuan, dan perdamaian. Dalam dunia olahraga ada prinsip persamaan serta menolak segala bentuk diskriminasi. Dengan olahraga, semangat solidaritas, sportifitas, dan perdamaian juga bisa dipupuk; orang juga dididik ksatria dan jujur menghadapi kekalahan. Maka, sudah sepantasnya kegiatan olahraga dijauhkan dari tindak korupsi.

Banyak umat Katolik yang juga aktif dalam organisasi olahraga, baik di tingkat daerah maupun nasional. Pesan Paus ini, semoga bisa mendorong mereka untuk ikut melawan korupsi dalam dunia olahraga. Bagi umat lain, semoga pesan Bapa Suci ini dapat menjadi inspirasi untuk ikut melawan korupsi di lingkungan sekitarnya.

Meminjam kata-kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, upaya melawan korupsi tak harus dengan penindakan, tetapi bisa dengan pencegahan. “Menindak tanpa diimbangi dengan tindakan pencegahan bak membuang garam ke laut. Banyak energi terkuras, sementara korupsi takkan pernah habis.” Semoga pesan Paus bisa menginspirasi kita untuk bersama-sama mencegah korupsi dalam segala sisi kehidupan.

Redaksi

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*