Artikel Terbaru

Mukjizat Perkawinan

[illustrasi: agus ju]
Mukjizat Perkawinan
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Injil Yohanes melukiskan bahwa mukjizat pengubahan  air menjadi anggur dalam pesta perkawinan di Kana merupakan mukjizat perdana Yesus. Memang mukjizat yang dibuat Yesus itu sedikit dipaksa oleh sang bunda, Maria. Namun demikian, kehadiran Yesus dalam pesta perkawinan itu menjadi tanda bahwa Allah senantiasa hadir serta memberkati setiap perkawinan antara laki-laki dan perempuan.

Yesus sepertinya juga menyadari, ikatan perkawinan akan mengubah hidup seseorang; menjadi orang yang rela bekerja sama dan berbagi, belajar rendah hati, serta mau mengampuni. Paus Fransiskus pernah berujar bahwa di tengah aneka tawaran duniawi saat ini, banyak keluarga yang dilanda krisis. Namun Paus menggarisbawahi, krisis yang melanda keluarga karena ketiadaan cinta dan pengampunan. “Tak ada cinta yang bertahan lama tanpa pengampunan,” tegas Bapa Suci. Maka, Paus mengajak setiap keluarga sebagai “sekolah pengampunan pertama” bagi setiap anggota keluarga. “Jika kita belajar untuk minta pengampunan dari setiap anggota keluarga, luka-luka batin akan disembuhkan, perkawinan pun akan kuat, dan keluarga akan tumbuh dalam iman,” ujar Bapa Suci.

Hidup berkeluarga memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Keluarga adalah proses belajar yang tiada henti. Dalam lika-liku, pasang surut kehidupan berkeluarga, kita yakin, Allah selalu hadir melalui rupa-rupa wajah, seperti Yesus yang hadir lantas membuat mukjizat dalam pesta perkawinan di Kana.

Air adalah lambang kehidupan, sementara anggur simbol sukacita. Dengan mengubah air menjadi anggur, Yesus hendak menegaskan bahwa hidup dalam ikatan perkawinan mesti membawa sukacita yang menghidupkan; kebahagiaan bagi pasangan suami-istri. Kalaupun ada duka dalam kehidupan keluarga, jangan menyerah, lantaran Yesus pasti akan hadir, lalu membuat mukjizat.

Redaksi

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*