Artikel Terbaru

Ruangan Atas

Ruangan Atas
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Orang muda dari keuskupan-keuskupan di Indonesia berhimpun. Manado, tempat pelaksanaan Indonesian Youth Day 2016, ibarat ruangan atas yang besar, yang sudah lengkap dan tersedia untuk Yesus makan Paskah bersama para murid-Nya. Saat perjamuan, Yesus menegur para murid bahwa salah satu di antara mereka akan mengkhianati Yesus (lih. Mrk 14:12-21).

Perjumpaan orang muda di Manado dapat dilihat sebagai waktu perjamuan jasmani dan rohani. Itulah kesempatan untuk mendengarkan pesan Sang Guru supaya mengoreksi diri kalau-kalau salah satu di antara kita sudah “menjual-Nya”. Sebab di tengah hiruk-pikuk dunia ini kita sering kalap mata untuk membedakan karya Ilahi dan karya insani.

Kita butuh “ruangan atas” untuk memupuk iman dan harapan. “Kita yakin bahwa orang beriman tidak pernah sendirian. Allah adalah batu karang yang kokoh yang di atasnya kita membangun hidup kita dan kasih-Nya selalu setia” (tweet Paus Benediktus XVI, 12 Desember 2012).

Gereja, lewat Konsili Vatikan II, mengakui bahwa orang muda adalah kekuatan amat penting dalam masyarakat zaman ini. Peran orang muda dalam kerasulan Gereja sangat dibutuhkan (Apostolicam Actuositatem, art.12). Di pundak kawula muda masa depan Gereja diletakkan untuk melangkah seiring menuju keselamatan, sambil mengingat pesan St Yohanes Paulus II, “Kita sering menemukan diri kita di persimpangan jalan, tidak tahu jalan mana yang harus dipilih, jalan mana yang harus dilalui; ada begitu banyak jalan yang salah…, begitu banyak ambiguitas. Di saat seperti ini, jangan lupa bahwa Kristus selalu dan satu-satunya jalan yang paling aman; jalan menuju kebahagiaan yang penuh dan abadi.”

Maka pasca perjamuan rohani dan jasmani di Manado, kita diminta segera memindahkan “ruangan atas” itu ke dalam diri, sehingga kita masih bisa lantang berdoa, “Biarlah kami sekalian, membawa musim semi baru bagi Gereja Indonesia; Kristus di dadaku, Injil di hidupku!”

Redaksi

Sumber Tulisan: Majalah HIDUP Edisi 40 Tahun 2016, Terbit pada Minggu: 2 Oktober 2016

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*