Artikel Terbaru

Seputar IYD

Indonesian Youth Day (IYD) 2012 di Keuskupan Sanggau.
[NN/Dok.HIDUP]
Seputar IYD
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comIndonesian Youth Day (IYD) 2016  berlangsung di Keuskupan Manado pada 1-6 Oktober 2016. Menurut Ketua Komisi Kepemudaan KWI Mgr Pius Riana Prapdi, pemilihan Keuskupan  Manado menjadi tuan rumah, diputuskan dalam Sidang KWI. Selain itu Manado memiliki basis kehidupan Kristiani. Negeri Nyiur Melambai akan kedatangan ribuan anak muda dan perwakilan dari 37 Keuskupan di Indonesia dan Keuskupan Agung Kota Kinabalu.

Tema IYD kedua ini, “Orang Muda Katolik: Sukacita Injil di Tengah Masyarakat Indonesia yang Majemuk”. Komisi Kepemudaan KWI sudah  mempersiapkan sejak awal tahun lalu, pemilihan tema dan arah, mendampingi Panitia Keuskupan Manado, serta membangun kesadaran bersama bahwa IYD merupakan satu kesatuan antara Pra IYD, IYD, dan Pasca IYD. Melalui kegiatan IYD diharapkan, orang muda bisa menjadi saksi Kristus, menjadi Injil yang hidup di tengah Gereja dan masyarakat.

Mula-mula, IYD lahir sebagai gerakan bersama Keuskupan sebagai bentuk kepedulian dan pendampingan terhadap Orang Muda Katolik (OMK). KWI menyetujui diadakan IYD pertama di Keuskupan Sanggau, Kalimantan Barat pada November 2010. Berangkat dari persetujuan itu, perhelatan IYD pertama dalam sejarah Gereja Indonesia pun berlangsung pada 20-26 Oktober 2012.

Mengutip pendapat Paus Emeritus Benediktus XVI, “Jadilah orang yang hati-hati dan bijaksana, bangunlah kehidupanmu di atas fondasi yang kokoh yang adalah Kristus. Maka kamu akan terberkati dan berbahagia, serta kebahagiaanmu akan mempengaruhi orang lain. Mereka akan penasaran apa rahasia hidupmu dan mereka akan menemukan batu karang yang menopang keseluruhan dan di atasnya terletak keseluruhan keberadaanmu, yang adalah Kristus, temanmu, saudara, dan Tuhan, Putra Allah yang berinkarnasi, yang memberi makna bagi seluruh alam  semesta.”

Logo IYD
Manado, Sulawesi Utara, merupakan provinsi dengan ribuan pohon kelapa. Lambaian atau rayuan nyiur seakan menyambut dan mengucap selamat  datang kepada OMK se-Indonesia. Mari jo datang kamari!

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*