Artikel Terbaru

Mgr Pius Riana Prapdi, Ketua Komisi Kepemudaan KWI: OMK Plus Plus

Mgr Pius Riana Prapdi
[NN/Dok.HIDUP]
Mgr Pius Riana Prapdi, Ketua Komisi Kepemudaan KWI: OMK Plus Plus
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comIndonesian Youth Day (IYD) adalah perjumpaan orang muda dengan Yesus Kristus dan dengan sesama orang muda Indonesia yang beragam. IYD bertujuan agar orang muda semakin mengenal Kristus dengan cara khas orang muda yang menggairahkan hidup Gereja. IYD menjadi bagian dari pendampingan orang muda. Orang muda merupakan bagian tak terpisahkan dari Gereja masa kini dan masa depan.

IYD atau hari orang muda Katolik Indonesia merupakan perayaan iman Katolik orang muda dan kesempatan bagi orang muda untuk merefleksikan iman Katolik serta merayakan dengan sukacita. Ada tiga hal penting dalam IYD. Pertama, sarana perjumpaan. Orang Muda Katolik (OMK) mengalami perjumpaan pribadi dengan Yesus dan berjumpa dengan sesama orang muda sehingga semakin mendalam iman. Berkat perjumpaan itu orang muda semakin berperan bagi Gereja dan bangsa. Orang muda semakin meng-Gereja sekaligus meng-Indonesia, yakni semakin bersaudara dan berjejaring seluas-luasnya.

Kedua, katekese. Orang muda semakin memperhatikan katekese; pengajaran dan pendampingan dengan cara orang muda. Orang muda telah “dilantik” oleh St Yohanes Paulus II menjadi jantung evangelisasi Gereja. Orang muda memiliki kesegaran, kreativitas, dan keberanian memasuki babak baru dalam zamannya.

Ketiga, peziarahan. Orang muda berani keluar dari dirinya dan mengenal budaya, suku, tradisi saudara-saudaranya se-Indonesia. OMK Indonesia mendalami sekaligus mewujudkan iman demi masyarakat yang semakin bermartabat, adil, dan sejahtera.

IYD memanggil orang muda merayakan, meneguhkan, dan memperdalam persekutuan Gereja yang hidup dengan sukacita dalam kebhinekaan. Dengan IYD, saya berharap orang muda tak pernah lelah atau bosan mencintai Yesus; bersama dengan semua orang muda di keuskupan masing-masing terus mencari dan mencintai Yesus. Sebab Yesus pun tak pernah lelah mencari dan mencintai kita. Dalam Yesus ada sukacita. Bersama Yesus kita semakin bertumbuh menjadi Gereja yang hidup demi masa kini dan masa depan Indonesia. Orang muda menjadi agen perubahan dalam membangun Indonesia yang beragam.

Kehadiran orang muda Katolik di tengah masyarakat dengan iman yang mendalam merupakan kesaksian yang amat berharga. Jadilah OMK plus; plus hidup imannya, plus keteladanannya, plus ide kreatifnya, dan plus karyanya!”

Maria Pertiwi

Sumber Tulisan: Majalah HIDUP Edisi 40 Tahun 2016, Terbit pada Minggu: 2 Oktober 2016

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*