Artikel Terbaru

St Pedro Armengol OdeM: Bruder Mantan Bandit

Lukisan Br Pedro Armengol O.deM diselamatkan Bunda Maria dan para malaikat.
[digilander.libero.com]
St Pedro Armengol OdeM: Bruder Mantan Bandit
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comIa pernah memimpin komplotan bandit, bertobat dan menjadi bruder. Kesuciannya membuat ia tak meninggal meski dihukum gantung. Jazadnya tetap utuh sebelum akhirnya dibakar.

Hutan Tarragona, Spanyol tampak angker. Kesunyian seolah menyuguhkan aroma kematian. Tak seorangpun berani melintas, kecuali terpaksa dan bernyali. Masyarakat menyebutnya “Hutan Kematian” sebab biasanya orang yang masuk tak pernah bisa keluar.

Hutan itu angker karena ulah para bandit. Mereka biasa merampok kereta barang atau para saudagar yang lewat–bahkan tak segan membunuhnya. Menjelang musim panen, para petani pun mencemaskan hasil panen. Mereka takut para bandit akan merampoknya.

Salah satu bandit kenamaan bernama Pedro Armengol Rocafort. Ia memimpin komplotan bandit dan selalu bikin huru-hara. Ia tak pandang bulu ketika beraksi. Semua ia babat. Kebengisannya membuat Raja James I dari Aragon (1213-1276) naik pitam. Semua upaya ia tempuh untuk menumpas Pedro. Semuanya kandas. Sang Raja lalu memerintahkan panglima perangnya, Arnaldo Armengol de Moncada memimpin pasukan besar untuk membasmi kelompok bandit itu. Kala bertemu Pedro dan menghunus pedang, betapa terkejutnya sang panglima. Ternyata kepala bandit itu adalah putranya sendiri.

Pedro membuang pedangnya lalu tersungkur dan meminta maaf pada ayahnya. Pedro insaf dan memutuskan menjadi Bruder Ordo Mercedarian (Order of Our Lady of Mercy and the Redemption of the Captives (O.deM)).

Jadi Preman
Pedro lahir dari keluarga bangsawan Rocafort di Guardia dels Prats, Tarragona, Spanyol. Tarragona adalah Keuskupan Agung yang berdiri sejak abad pertama, masuk wilayah Catalonia yang berbatasan dengan Barcelona dan Lleida.

Arnaldo, ayahnya seorang panglima perang kesohor pada masa Raja James I. Sebagai anak panglima, Pedro tumbuh dengan disiplin kerajaan. Latihan pedang dan memanah menjadi kegemarannya. Masa kecilnya digambarkan sebagai anak yang temperamen dan arogan. Ia kadang bertindak kasar bila keinginannya tak dipenuhi.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*