Artikel Terbaru

Sarana-sarana Pertobatan

[volacci.com]
Sarana-sarana Pertobatan
Mohon Beri Bintang
HIDUPKATOLIK.comDalam sebuah khotbah di paroki kami, seorang imam tamu mengatakan bahwa ada banyak sarana pertobatan yang juga memberikan pengampunan atas dosa-dosa. Bisakah dijelaskan apa saja sarana-sarana itu? Mohon penjelasan Romo.
 
Cathy Sulis, Jakarta
 
Apa yang dikatakan Romo tamu itu memang benar. Ada banyak sarana paraliturgis dan asketis yang mengungkapkan tobat manusia dan memberikan pengampunan dosa dan rekonsiliasi. Pada Masa Pra Paskah ini, sarana-sarana ini bisa digunakan untuk ungkapan pertobatan kita.
 
Pertama, mendengarkan Sabda Allah. Aklamasi sesudah Injil menunjukkan hal ini: ”Tuhan, karena pewartaan Injil ini hapuskanlah dosa kami.” Rekonsiliasi adalah prakarsa Allah. Ketika Sabda Allah kita baca, Allah sendiri datang menyapa kita dan menawarkan rekonsiliasi. Sabda itu juga menggerakkan hati manusia untuk bertobat dan menyadari kebutuhannya akan pengampunan.
 
Jika manusia meng’amin’inya, maka terjadilah pertemuan yang merekonsiliasikan antara Allah dan manusia. Dengan demikian, mendengarkan Sabda Allah secara efektif membawa pada tobat dan rekonsiliasi.
 
Katekismus Gereja Katolik (KGK) 1437 berkata: ”Pembacaan Kitab Suci, doa Bapa Kami dan Ibadat Harian, tiap kegiatan untuk menghormati Allah secara jujur dan tindakan kesalehan menghidupkan roh pertobatan dan metanoia di dalam kita dan turut membantu pengampunan dosa-dosa kita.
 
Kedua, restitusi, yaitu tindakan memberikan ”ganti” atas kerugian yang ditimbulkan. Yesus mengajarkan bahwa pengampunan Allah akan efektif jika kita mengadakan rekonsiliasi dengan orang-orang yang telah kita ”salahi” (Mat 5:23-24; 6:12, dst). Restitusi ini bisa diwujudkan dalam sedekah atau tindakan cinta kasih. Restitusi yang mengalir dari pertobatan batin mengefektifkan pengampunan Allah. KGK 1434 menyebut hal ini sebagai ”upaya-upaya untuk berdamai dengan sesamanya.”
 

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*