Artikel Terbaru

Cinta Tanah Air

Cinta Tanah Air
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Pada bulan Mei atau Bulan Maria ini, Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) sedang menggalakkan gerakan Rosario Merah Putih. Gerakan yang didasari dari Arah Dasar 2016-2020 KAJ ini ditandai dengan pembuatan rosario dari butiran manik-manik berwarna merah dan putih oleh umat. Selain membuat rosario juga diangkat intensi khusus untuk bangsa dan negara Indonesia.

Sebuah gerakan unik, penggabungan antara gerakan Gereja universal dan lokal yang membuktikan bahwa Gereja memiliki perhatian kepada wilayah setempat dimana umat Katolik berada. Juga menjadi bukti bahwa Gereja peduli dengan permasalahan bangsa.

Warna merah dan putih yang merupakan warna khas bendera Indonesia yang dipakai dalam rosario ini, juga mengingatkan kita kepada “Ibu Pertiwi” dan semboyan Mgr Soegijapranata, “100% Katolik dan 100% Indonesia”, cinta Gereja juga cinta tanah air.

Kita sadar, negara kita saat ini sedang membangun. Dalam berbagai aspek pembangunan itu, tentu banyak menghadapi tantangan. Maka sudah selayaknya, jika dalam pembangunan tersebut kita memohon doa restu Bunda Maria dan Ibu Pertiwi agar segenap masyarakat bisa bersatu padu dan para pemimpinnya bisa mewujudkan masyarakat adil dan makmur.

Semoga, gerakan ini jangan sampai hanya dalam doa saja, tetapi juga diikuti dengan aneka tindakan. Bisa dengan ikut terlibat aktif dalam kegiatan masyarakat, juga bisa dengan pembangunan moral bangsa dalam diri kita sendiri, misalnya dengan tidak ikut korupsi, dll. Diharapkan pula, gerakan ini bisa berlanjut ke tahun-tahun berikutnya dan semangatnya menyebar tidak hanya di kalangan umat Katolik Indonesia tetapi juga bisa memicu kelompok agama lain untuk ikut serta menggalakkan gerakan cinta kepada tanah air.

Redaksi

Sumber Tulisan: Majalah HIDUP Edisi 21 Tahun 2016, Terbit pada Minggu: 22 Mei 2016

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*