Artikel Terbaru

St Katharina dari Aleksandria: Martir Agung, Si Roda Jelita

Sumber Foto: www.kasihilahsesamamumanusia.blogspot.co.id
St Katharina dari Aleksandria: Martir Agung, Si Roda Jelita
1 (20%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – Ia tumbuh dalam keluarga kafir. Talentanya yang berlimpah mengarahkan pada pilihan hidup suci demi Kristus, bahkan dengan melawan kaisar. Akhirnya, ia pun mati sahid demi Kristus.

Swsuai tradisi kristiani di Aleksandria, lahirlah seorang bayi perempuan dari keluarga penguasa di sana sekitar akhir abad III. Ia diberi nama Katharina. Orangtuanya ialah salah seorang bangsawan penguasa Aleksandria, Pangeran Costus dan Puteri Sabinella. Mereka sangat disegani dan begitu tersohor di seluruh Mesir.

Sejak kecil, hidup Katharina bergelimang harta. Orangtuanya membekalinya pendidikan tinggi pada putri semata wayangnya itu. Katharina sudah terbiasa melahap pelbagai pengetahuan tentang seni dan ilmu pasti. Ia beruntung terlahir dengan banyak talenta. Bahkan, parasnya pun amat cantik. Kecerdasannya tergolong jenius. Selain itu, ia begitu rajin dan ulet dalam mempelajari sesuatu hingga hasilnya pun cemerlang. Tak heran, ia pun menggeluti filsafat dengan gemilang. Konon, masa kecilnya hanya ia habiskan untuk mengasah sisi intelektualitasnya dengan belajar pelbagai macam ilmu.

Tinggalkan Berhala
Katharina dibesarkan dalam tradisi kekafiran. Orangtuanya menanamkan penyembahan berhala pada buah hatinya sejak dini. Dengan patuh, Katharina mengikuti kebiasaan orangtuanya itu hingga menginjak usia remaja.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*