Artikel Terbaru

Penyunatan Yesus

Sumber Ilustrasi: [rexcurry.net]
Penyunatan Yesus
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comMembaca kisah penyunatan Yesus di kenisah (Luk 2:21-40), saya merasa aneh bahwa tidak diceritakan rincian upacara yang dimaksudkan dan bagaimana upacara itu dilakukan. Di mana dikatakan dalam Perjanjian Lama tentang peraturan yang dirujuk oleh Lukas? Apa hubungan antara peristiwa penyunatan itu dengan kehadiran Simeon dan Hana? Mohon penjelasan.

Theresia Maria Agusetyarini, Malang

Pertama, sebenarnya yang disinggung oleh Lukas dalam perikop di atas ada dua upacara, yaitu upacara pentahiran dan upacara penyerahan bayi yang baru lahir. Sebenarnya upacara pentahiran adalah ketetapan Yahudi yang sudah sangat kuno. Sebagai orang Yahudi yang taat, Yusuf dan Maria tunduk pada hukum itu.

Sesuai dengan Im 12:7, Maria-lah yang harus ditahirkan di kenisah setelah melahirkan. Pentahiran itu dilakukan oleh imam dengan mengadakan pendamaian bagi wanita, sedangkan si wanita harus mempersembahkan korban berupa seekor domba setahun, atau jika secara ekonomis tidak mampu, dua ekor burung tekukur atau dua ekor anak burung merpati. Korban itu dipersembahkan untuk korban bakaran dan korban penghapus dosa (Im 12:8).

Upacara kedua ialah upacara penyerahan bayi kepada Tuhan. Upacara ini bukanlah keharusan tetapi pilihan atau manasuka (Inggr: optional). Hukum Yahudi mengatur bahwa setelah anak berumur sebulan, harus ditebus dengan upacara (Kel 34:20). Rincian tentang upacara penyerahan ini bisa ditemukan dalam Kitab Bilangan (18:15-16). Hukum ini berlaku untuk semua makhluk yang sulung, baik hewan maupun manusia. Hal ini mengingatkan Israel pada saat Malaikat Allah melawati mereka dalam pembebasan dari Mesir, dan menyelamatkan anak sulung mereka.

Kedua, dari minimnya data tentang kedua upacara yang diungkapkan dalam kisah itu, bisa disimpulkan bahwa Lukas tidak bermaksud menceritakan upacara-upacara tersebut. Upacara pentahiran Maria dan penyerahan Yesus kepada Tuhan digunakan sebagai latar belakang untuk mengungkapkan iman Lukas tentang Yesus, yaitu tentang pribadi dan misi Yesus. Hal ini diungkapkan oleh dua nabi yang waktu itu sedang ada di kenisah.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*