Artikel Terbaru

Pastoral Berbasis Data

Acara launching BIDUK di Paroki Maria Kusuma Karmel, Meruya, Jakarta Barat.
[NN/Dok.ParokiMKK]
Pastoral Berbasis Data
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comKarya pastoral BIDUK menjadi terobosan bagi peningkatan mutu pelayanan. KAJ menargetkan per 31 Mei 2016, semua paroki KAJ telah mengoperasikannya.

Informasi penerapan Basis Integrasi Data Umat Keuskupan (BIDUK) pernah disampaikan dalam sosialisasi sistem informasi Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) di Pusat Pastoral Samadi, Klender, 10 Oktober 2015. Dalam pertemuan itu disepakati, BIDUK harus menjadi aplikasi khusus administrasi umat KAJ berbasis internet yang bertujuan mengintegrasi data umat sehingga ada sentralisasi dan standarisasi data.

Keinginan KAJ mewujudkan karya pastoralberbasis data mendapat penekanan secara khusus dalam Arah Dasar (Ardas) KAJ tahun 2011-2015. Dalam Ardas KAJ dikatakan, Lingkungan merupakan salah satu basis pastoral yang ingin diberdayakan. Maka, data BIDUK akan dikelompokkan per paroki, Wilayah hingga Lingkungan.

Demi keamanan, sistem akan mengatur otoritas akses data. Administrator KAJ bisa mengakses semua data umat. Sementara masing-masing Pastor Paroki, Koordinator Wilayah dan Ketua Lingkungan hanya bisa mengakses data di kanal wilayah otorisasi mereka. Menindaklanjuti hal ini, HIDUP mewawancarai Romo Vincentius Adi Prasodjo, Sekretaris KAJ di Wisma KAJ, Selasa, 19/4. Berikut petikannya:

Apa kebutuhan mendasar umat sehingga muncul aplikasi BIDUK berbasis web online?

Dilandasi semangat pastoral Gembala Baik dan pelayanan murah hati, ditopang oleh tata penggembalaan partisipatif dan transformatif, seluruh umat KAJ berkehendak untuk menyelenggarakan pelbagai kegiatan. Salah satu rencana kegiatan dan keterlibatan itu dilaksanakan dengan mengembangkan tata layanan pastoral berbasis data. Artinya, memberdayakan komunitas teritorial dan kategorial menjadi komunitas beriman yang bertumbuh dalam persaudaraan kasih berdasarkan data yang valid.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*