Artikel Terbaru

Bolehkah Mengaku Dosa Saat Perayaan Ekaristi?

Sumber Ilustrasi: [romancatholiccop.com]
Bolehkah Mengaku Dosa Saat Perayaan Ekaristi?
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comApakah boleh, selama Perayaan Ekaristi berlangsung, seorang imam lain memberikan Sakramen Pengakuan Dosa di ruang yang tersedia? Ada seorang Romo yang mengatakan bahwa Sakramen Pengakuan Dosa harus dilakukan di luar Sakramen Ekaristi. Bagaimana yang benar?

Grace Suhartono, Malang

Dibenarkan bahwa selama Ekaristi berlangsung, ada seorang atau beberapa imam lain yang memberikan Sakramen Rekonsiliasi di ruang pengakuan. Instruksi Redemptionis Sacramentum (RS) No 76 membenarkan hal ini secara eksplisit. Juga seandainya Sakramen Rekonsiliasi itu diadakan di ruangan yang sama dengan Perayaan Ekaristi tersebut. RS 76 melarang penggabungan Sakramen Ekaristi dengan Sakramen Rekonsiliasi menjadi satu perayaan liturgis.

RS 76 hanya mengingatkan pelaksanaan kedua sakramen di atas secara serentak perlu diatur secara wajar. Pengaturan ini berkaitan dengan keluarmasuknya peniten-peniten ke kamar pengakuan, agar tidak mengganggu umat yang lain. Juga, jika seorang peniten itu sedang mengikuti Ekaristi, sebaiknya Sakramen Rekonsiliasi diterima (jika terpaksa) selama Ibadat Sabda. Dengan demikian, si peniten bisa mengikuti ibadat Ekaristi dengan baik sebagai persiapan menyambut Tubuh Kristus.

Dr Petrus Maria Handoko CM

Sumber Artikel Majalah HIDUP Edisi No. 34 Tanggal 21 Agustus 2011

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*