Artikel Terbaru

Vinea Dei Family: Yang Muda,Yang Hidup

Anggota Vinea Dei Family saat ikut SHDR.
[NN/Dok. Vinea Dei Family]
Vinea Dei Family: Yang Muda,Yang Hidup
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comOrang muda dari berbagai suku dan budaya berkumpul untuk berbagi beban hidup. Komunitas Vinea Dei Family membuka ruang untuk perjumpaan antarorang muda itu.

Sebagai sebuah komunitas, Vinea Dei Family bisa dikatakan masih belia. Berdiri pada 4 Oktober 2015, lahirnya komunitas ini dibidani salah satunya oleh Maria Rini Widayati. Jauh sebelum aktif di Vinea Dei Family, Rini pernah aktif di Komunitas Heman Salvation Ministry (HSM) di kota kelahirannya, Probolinggo, Jawa Timur. Baru ketika akhirnya Rini menikah dengan Khrisma Adhi, ia pun hijrah ke Yogyakarta.

Pengalaman iman yang ia tuai lewat komunitas di tanah kelahiran rasanya sayang apabila hanya dimiliki sendiri. Dalam hatinya mulai muncul keinginan untuk membagikan kekayaan iman ini lewat sebuah komunitas. Ia berpikir, lewat hidup berkomunitas dengan saudara seiman ia bisa menimba lebih banyak pengalaman rohani. Berlatar pergulatan ini akhirnya Rini mencetuskan Vinea Dei Family bersama beberapa temannya.

Vinea Dei Family sendiri merupakan wajah baru dari Catholic Care Group yang didirikan pada 2010. Orang pertama yang ia gandeng sebagai anggota Vinea Dei Family adalah sang suami, kemudian berlanjut ke teman-temannya. Ketika itu, mereka mengawali komunitas ini dengan 11 orang.

Kegiatan yang mereka lakukan adalah memuji Tuhan lewat lagu-lagu, pendalaman kitab suci, dan sharing iman. Kegiatan ini digelar tiap minggu ketiga dalam bulan. Topik yang dibahas seputar anak-anak muda seperti karier, cinta, uang, hingga masalah-masalah pribadi. Intinya adalah membagikan suka duka yang dialami kepada saudara yang lain.

Masih Single
Seiring berjalannya waktu, Vinea Dei Family berkembang menjadi komunitas yang lebih besar. Orang-orang mulai melirik dan ikut bergabung. Untuk bisa eksis seperti sekarang, ada banyak hambatan yang mesti dilalui. Rini mengaku, rintangan yang paling terasa datang dari internal. Ada banyak anggota yang masih kuliah dan setelah lulus pindah ke kota lain. Maka selalu ada yang datang dan pergi. “Walau begitu, puji Tuhan, anggota kami hari demi hari semakin ditambahkan oleh Tuhan. Saat ini, kami memiliki anggota aktif sekitar 40 orang,” ujar Rini yang saat ini dipercaya sebagai Sekretaris Vinea Dei Family.

Soal perekrutan anggota, Rini menjelaskan, ada banyak cara yang ditempuh, mulai dari sekadar makan, nonton, sampai bersedia menjadi pendengar saat ada yang mau curhat. Prinsipnya tidak ada paksaan. Lewat perjumpaan itu diharapkan ada yang terketuk hatinya mau bergabung. “Selebihnya, doa adalah kunci. Tugas kami adalah berjumpa dan mengajak mereka untuk berdoa. Tuhanlah yang akan ikut campur tangan mengarahkan mereka,” imbuh Rini.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*