Artikel Terbaru

Kelompok Jelajah Alkitab: Pewarta Alkitab di Kota Kembang

Kelompok Jelajah Alkitab dalam perayaan ulang tahun yang kedua pada April 2013.
[NN/Dok. Kelompok Jelajah Alkitab]
Kelompok Jelajah Alkitab: Pewarta Alkitab di Kota Kembang
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comTuhan Yesus pernah berpesan, “Wartakanlah Injil ke seluruh penjuru dunia”. Pesan itu dihidupi komunitas ini, mereka mempunyai cara unik mewartakan firman Allah.

Ingin mendalami Alkitab, Justinus Guiso mengikuti Kursus Evangelisasi Pribadi (KEP). Ia bergabung bersama beberapa orang dalam KEP di Paroki St Perawan Maria Sapta Kedukaan (Pandu), Keuskupan Bandung, pada awal 2012. Dua kali sepekan, mengikuti KEP. Setelah enam bulan belajar, peserta KEP mengikuti retret perutusan. Justinus membatin, “Setelah lulus KEP, apa yang harus saya lakukan.”

Triawan Lukito dan beberapa alumni KEP lainnya juga mempunyai pertanyaan yang sama. Justinus dan Triawan lalu membentuk sebuah komunitas sebagai wadah untuk mempelajari Alkitab. Ter bentuklah Kelompok Jelajah Alkitab (KJA). Komunitas ini didirikan dengan visi dan misi yang serupa dengan KEP, mewujudkan tugas perutusan dari Tuhan Yesus untuk membawa kabar baik kepada banyak orang. Pastor Paroki Pandu, Romo Agustinus Sudarno OSC mendukung ide ini.

Pewartaan Kreatif
KJA diharapkan bisa membawa umat lebih mengenal dan akrab dengan Alkitab. Justinus dan Triawan lalu merancang program dan metode kegiatan. “Semua memberikan ide dan gagasan agar kegiatan komunitas sungguh-sungguh bermanfaat. Sasar annya, umat mengenal Kitab Suci dan bersukacita, bukan berkerut kening menafsirkan ayat,” ujar Triawan.

Dalam komunitas, peserta membahas Kitab Suci secara kontekstual dengan tema menarik dan praktis. Tema itu dikemas dalam kegiatan kese nian seperti drama musikal dan semacamnya. Tema dibuat dengan tujuan agar Kitab Suci sebagai Firman Allah bisa menyapa setiap pribadi dengan santai dan akrab. Hal ini membuat KJA berbeda dengan kursus Kitab Suci atau kegiatan pewartaan lainnya.

Dalam menyusun program dan metode, KJA dipandu Romo Basilius Hendra Kimawan OSC. Setiap sesi kegiatan KJA dibuat dengan konsep tematik dengan topik lepas yang aktual dan menggelitik serta tidak harus berurut berdasarkan kalender liturgi. Hal ini menjadi daya tarik. Tema-tema yang diangkat misalnya, “Malaikat dan Setan”, “Dunia Orang Mati”, atau “Nabi Isa menurut Agama di Luar Kristiani”.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*