Artikel Terbaru

Romo Antonius Soetanta SJ: Musik, Hadiah Tuhan

Romo Antonius Soetanta SJ
[HIDUP/Yanuari Marwanto]
Romo Antonius Soetanta SJ: Musik, Hadiah Tuhan
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comMusik bagi Romo Tanto adalah hadiah dari Tuhan. Mengapa demikian? Ia tidak berasal dari keluarga berlatar belakang musik. Di seminari ia ditolak bermain organ. Dengan gigih ia mampu menguasai beberapa instrumen musik.

Petang sekitar pukul 19.00, Romo Antonius Soetanta SJ mengayunkan langkah menuju Aula Gereja St Servatius Kampung Sawah, Keuskupan Agung Jakarta (KAJ). Bangunan itu berada persis di belakang pastoran dan gereja. Di ruang paling ujung dari bangunan berlantai dua itu, Romo Tanto akan melatih anak-anak Paroki Kampung Sawah bermain organ.

Dua jam sebelumnya, Romo Tanto menerima tamu di Pastoran. Setelah itu, ia bergegas ke aula; ada jadwal latihan organ bersama anak-anak. Makan malam ia tunda agar murid-murid tak menunggunya. Sayang, justru sang guru yang menunggu murid-muridnya. “Nanti saja makan bubur sama anak-anak. Bubur di depan (gereja–Red) enak lho,” ujar imam kelahiran Semarang, Jawa Tengah, 23 Agustus 1938 ini.

Pastoral Musik
Nama Romo Tanto identik dengan Paduan Suara (padus) Ascensio. Ascensio, adalah kelompok padus anak-anak bentukannya, ketika ia menjadi Pastor Rekan Paroki St Fransiskus Xaverius Tanjung Priok, Jakarta Utara, tahun 1978. Kini, usia Ascensio sudah 38 tahun dan tetap berani unjuk gigi.

Sang pendiri masih giat melatih, menulis lagu dan membuat aransemen, mengorkestrasi, serta mengurus berbagai keperluan Ascensio. Lulusan Sekolah Musik Gereja di Utrecht, Belanda (1973-1977) ini tiga kali seminggu melatih Ascensio, yakni Selasa (17.00-22.00) untuk organ; Rabu (18.00-20.00) untuk kor; dan Sabtu (18.00- 21.00) untuk kor.

Ide membentuk padus anak terbetik saat ia kembali dari Negeri Kincir Angin. Ia merasa miris, padus anak di Tanah Air nyaris tak mendapat “panggung” dan pembinaan serius. Ironisnya, kenyataan ini terjadi di dalam Gereja Katolik yang hampir tiap hari ada latihan kor.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*