Artikel Terbaru

Pastoral Era Digital

Pastoral Era Digital
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah dunia. Dari genggaman smart-phone, seseorang bisa menjalin komunikasi dengan orang di ujung dunia manapun, atau bahkan ia bisa bertransaksi milyaran atau menikmati renungan harian audio visual.

Teknologi informasi dan komunikasi adalah hasil rekayasa atas proses penyampaian informasi dan pesan dari satu pihak ke pihak lain lebih cepat, lebih luas sebarannya, dan lebih lama penyimpanannya. Teknologi informasi dan komunkasi telah mempermudah kehidupan. Kehadiran komputer, internet, telepon seluler, dan berbagai alat teknologi informasi dan komunikasi membuat arus informasi kian cepat menyebar.

Keuskupan Agung Jakarta juga memasuki era kemajuan teknologi informasi dan komunikasi itu, dengan membangun BIDUK (Basis Integrasi Data Umat Keuskupan). BIDUK diharapkan mampu meningkatkan pola pastoral di keuskupan ini. Ke depan, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi diperkirakan bukan hanya menunjang pastoral dengan data, utamanya data demografis. Keuskupan, paroki dan lingkungan bisa memanfaatkan kemajuan tekonolgi informasi dan komunikasi itu dalam aneka karya pastoral.

Dengan adanya peluang untuk berpastoral berbasiskan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, mestinya akan terjadi perubahan gaya berpastoral. Gaya seperti apa? Kita camkan harapan Paus Fransiskus atas sikap yang mesti dilakukan oleh para pelayan pastoral di era digital, dipetik dari sambutannya untuk Hari Komunikasi Sosial Sedunia 8 Mei 2016, yang dirilis 24 Januari lalu. “Saya sangat berharap agar cara berkomunikasi kita, seperti juga pelayanan kita sebagai gembala Gereja, jangan sampai memberi kesan kekuasaan yang angkuh nan jaya atas seorang musuh, atau menistakan orang yang dianggap sebagai pecundang yang mudah dicampakkan. Kerahiman dapat membantu meringankan kesulitan hidup dan memberi kehangatan kepada mereka yang hanya mengenal dinginnya penghakiman.”

Redaksi

Sumber Tulisan: Majalah HIDUP Edisi 18 Tahun 2016, Terbit pada Minggu: 1 Mei 2016

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*