Artikel Terbaru

Pendamping Tanpa Sekat

Anne Avantie, perancang kebaya nasional, pendamping Persekutuan Hidup Baru dan Kudus (PHBK) Semarang, Jawa Tengah.
[NN/Dok.HIDUP]
Pendamping Tanpa Sekat
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Melihat keberadaan komunitas LGBT yang kadang diperlakukan diskriminasi, desainer kondang, Anne Avantie rela menampung dan memberi pendampingan kepada kaum gay dan waria dalam komunitas “Persekutuan Hidup Baru dan Kudus (PHBK)”, Semarang, Jawa Tengah. Anggota PHBK rutin setiap bulan mengadakan persekutuan doa ekumenis di Kapel Maria Magdalena, di rumah Anne.

PHBK didirikan oleh Pendeta Tjondro Purnomo sekitar tahun 2000. Anggotanya berasal dari beragam profesi: guru, dosen, dokter, desainer, tukang pijat, pegawai salon, penjahit, penyanyi dan beragam agama: Katolik, Kristen dan Muslim. Pada 2004, Pendeta Tjondro wafat dan Anne menjadi pendamping PHBK, yang oleh anggotanya dipanggil “Bunda”.

Dalam pertemuan, mereka kadang mengundang pastor, pendeta, dan psikolog. Minggu kedua, setiap bulan mereka berkumpul di rumah salah satu anggota secara bergiliran. Mereka juga membuat latihan paduan suara bahkan membentuk kelompok Vocalista Divina.

Lewat PHBK, Anne juga memberikan pelatihan seperti bertutur sapa dengan sopan, berpakaian sopan, mengurangi kehidupan malam di jalan, tidak melacurkan diri, dan tidak berganti-ganti pasangan. Penyuluhan tentang penyakit Infeksi Seks Menular (IMS) dan HIV/AIDS juga diberikan di PHBK. “Sifat pelayanannya menjadi teman atau sahabat, mencintai, menerima, juga memanusiakan,” ujar Anne.

“Buat saya panggilan itu mencintai. PHBK sudah berjalan kurang lebih 16 tahun. Walaupun kadang kita jengkel atau putus asa, namun kalau sudah diuji dalam ujian waktu dan tetap melayani maka dia sudah masuk ke ranah cinta. Dan bagi saya panggilan itu akan menempel seumur hidup,” katanya.

A. Nendro Saputro

Sumber Tulisan: Majalah HIDUP Edisi 17 Tahun 2016, Terbit pada Minggu: 24 April 2016

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*