Artikel Terbaru

Beata Karolina Kózka: “Maria Goretti” Polandia

Devosi Tahunan: Para peziarah mengikuti Jalan Salib di tempat pembunuhan Beata Karolina di Wal-Ruda, Polandia setiap 18 November. [www. sanktuariumzabawa.pl]
Beata Karolina Kózka: “Maria Goretti” Polandia
3 (60%) 2 votes

HIDUPKATOLIK.com – Gadis ini cantik, baik, saleh, dan gemar menolong. Namun, usianya pendek karena mempertahankan mahkota kesuciannya. Ia dikenal sebagai “Maria Goretti” dari Polandia.

Situasi Polandia kacau sejak Rusia terlibat Perang Dunia I (1914-1918). Kondisi kian pelik saat tentara “negeri beruang putih” mengepung berbagai kota di negara yang sebelum Revolusi Oktober 1917 masih bagian Kekaisaran Rusia. Mereka meneror, menjarah, memperkosa, dan membunuh siapa pun yang membangkang.

Pada 18 November 1914, pasukan Rusia merangsek ke Wal-Ruda, sebuah desa di Distrik Gmina Radłów, Polandia Utara. Di wilayah itu, mereka melampiaskan kekejian seperti yang diperbuat di kotakota lain. Nyaris tak ada satu rumah pun luput dari aksi biadab para tentara, termasuk pondok keluarga Jan Kózka.

Seorang anggota militer memaksa Jan bersama seorang anak gadisnya, Karolina Kózka meninggalkan rumah. Ia berdalih, sang komandan meminta mereka menghadapnya di posko. Ketika mereka tiba di pinggir hutan, si tentara itu meminta Jan kembali ke rumah. Sementara itu, Karolina ditahan.

Seperti kerbau yang dicucuk hidungnya, demikian sikap Jan. Lelaki tua itu balik badan meninggalkan anak gadisnya bersama si tentara. Setelah Jan hilang dari pandangan, gelagat tentara Rusia mulai menyebalkan. Ia mulai menggoda dan nekad ingin memperkosa Karolina. Karolina berjuang sekuat tenaga untuk melawan.

Menanggapi perlawanan Karolina, si tentara kian geram. Karolina pun tak mau kalah. Ia meronta sekuat tenaga agar bisa melepaskan diri dari cengkraman lelaki bejat itu. Sadar usahanya tak membuahkan hasil, tentara itu mendadak kalap. Niat busuknya kandas. Tangannya segera menyambar bayonet dan menikam tubuh Karolina beberapa kali. Darah segar menyembur dan membasahi pakaian si gadis. Dalam kondisi terluka parah, Karolina berhasil menyelamatkan diri dari tentara mesum itu dengan masuk ke rawa.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*