Artikel Terbaru

Wadah Pekerja Muda Katolik

Agustinus Purwantoro SJ
[HIDUP/A. Aditya Mahendra]
Wadah Pekerja Muda Katolik
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comSelain sebagai sarana berkumpul, komunitas ini diharapkan menjadi tempat berbagi untuk pekerja muda. Melalui KKMK, pekerja muda bisa mengembangkan diri.

Komunitas Karyawan Muda Katolik (KKMK) merupakan wadah bagi pekerja muda untuk bertemu dan saling berbagi. Anggapan bahwa KKMK menjadi tempat untuk mencari jodoh pun mengiringi keberadaan komunitas ini.

Saat ini, belum semua keuskupan dan paroki memiliki KKMK. Di beberapa keuskupan, paroki dan unit daerah yang sudah terbentuk KKMK juga tidak semua aktif.

Kendala dan tantangan tak memadamkan semangat pengurus dan anggota untuk menjadikan KKMK sebagai wadah bagi pekerja muda mengelola dan mengembangkan potensi diri. Harapannya, KKMK bisa memberikan kontribusi bagi Gereja dan masyarakat. Berikut petikan wawancara dengan Moderator KKMK Indonesia Romo Agustinus Purwantoro SJ.

Seperti apa Romo melihat perkembangan KKMK saat ini?

Perkembangannya tidak merata, tidak semua keuskupan dan paroki ada KKMK. Dari sekian cabang atau unit, Jakarta lumayan aktif. Tapi jangan dibayangkan di setiap paroki di Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) ada KKMK. Di beberapa unit, kegiatan bisa berjalan atau tidak tergantung “motornya”. KKMK kadang hidup, kadang mati, kadang harus dibangunkan lagi.

Ada yang berseloroh, KKMK itu “Kesana Kemari Mencari Kekasih”. Beberapa memang menemukan kekasihnya di KKMK, tetapi itu bukan menjadi tujuan utama. Jika mencari kekasih menjadi tujuan utama, hal-hal baik yang sebenarnya bisa didapat dari aktif di KKMK justru tidak diperoleh. Jika mendapat jodoh, anggap saja itu bonus. Kita bersyukur untuk itu.

Kendala apa saja yang dihadapi KKMK ini?

Kita tidak memakai sistem kaderisasi, perekrutan atau organisasi yang sangat ketat. Biasanya informasi disebarkan dari mulut ke mulut karena jalinan pertemanan, lalu tergerak dan membentuk KKMK.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*