Artikel Terbaru

Rosario Merah Putih, Gereja Berpancasila

Anak-anak SD St Maria berdoa Rosario dengan Rosario Merah Putih di Gua Maria.
Rosario Merah Putih, Gereja Berpancasila
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comGema Rosario Merah Putih bergaung nyaring ke paroki dan sekolah-sekolah Katolik di Keuskupan Agung Jakarta. Gerakan Rohani mengamalkan Pancasila.

Sebagai pengrajin pembuat Rosario, Yuliana Ose Uran sempat kesal dan dongkol. Ia telah mendatangi sejumlah toko rohani Katolik untuk kulakan salib. Ternyata jawaban penjaga toko nyaris seragam; “Habis!” “Apa yang sebenarnya terjadi?” telisik Yuli.

Perempuan asal Adonara, Flores Timur itu sudah membayangkan bila “krisis” perlengkapan Rosario berkepanjangan, ia bisa “gantung tang” alias menghentikan pekerjaannya sebagai pengrajin Rosario yang sudah digelutinya sejak 18 tahun lalu.

Di tengah kegundahan itu, datang tawaran dari ibu-ibu Legio Mariae Wilayah VII St Athanasius, Kampung Pulo, Paroki St Stefanus, Cilandak, Jakarta Selatan untuk membuat Rosario Merah Putih (RMP). RMP ini akan digunakan umat Paroki Cilandak saat launching Gerakan RMP 1 Mei 2016. “Awalnya saya berpikir untuk menolaknya karena tak bisa menjual hasil karya ini. Tapi akhirnya, saya merasa bangga bekerja untuk Bunda Maria,” kisahnya.

Hasilnya luar biasa. Bersama ibu-ibu Legioner Wilayah VII, para Suster Kongregasi Hati Kudus (HK) dan anak-anak, tiap pagi dan sore, mereka berkumpul di Kapel Keluarga Kudus Nazareth Kampung Pulo untuk merangkai manik-manik merah putih menjadi Rosario. Sudah puluhan Rosario ia hasilkan sejak Mei 2016. Jumlah ini belum terhitung hasil karya kelompoknya. Yuli percaya, “Semakin memberi, semakin menerima seratus kali lipat!”

Kegiatan Yuli dan rekan-rekannya itu bertujuan menyukseskan gerakan akbar “Mengamalkan Pancasila” yang dituangkan dalam Ardas KAJ 2016-2020. RMP menjadi gerakan rohani bersama yang berakar pada semangat kebangsaan.

Trending Topic KAJ
Pada Sabtu, 9 April 2016, sedikitnya 300 orang utusan paroki-paroki KAJ berkumpul di Aula Sekolah St Maria Juanda, Jakarta Pusat. Mereka mengikuti sosialiasi pembuatan RMP. Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) membantu Komisi Liturgi KAJ melakukan sosialisasi ini.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*