Artikel Terbaru

Trinitas dalam Al-Qur’an

Sumber ilustrasi: [atjehpost.com]
Trinitas dalam Al-Qur’an
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comKakak sulung saya, yang beragama Islam, mengatakan bahwa Al-Qur’an menentang ajaran Trinitas, yaitu Allah, Isa dan Maryam. Mengapa Maryam dimasukkan dalam Trinitas. Bagaimana memberi gambaran tentang ajaran Trinitas kepada kakak saya? Mohon penjelasan Romo.

Rahmat Mulyono, Jombang

Pertama, memang benar, Al-Qur’an menolak ”trinitas” yang secara implisit dimengerti sebagai Allah, Isa dan Maryam. Hal ini dikatakan dalam Al-Qur’an 5:116: ”Hai Isa putera Maryam, adakah kamu mengatakan kepada manusia ’Jadikanlah aku dan ibuku dua orang Tuhan selain Allah?” Darimana datangnya pengertian yang salah itu? Para ahli menunjukkan beberapahipotesa. Mungkin dari lingkungan Muhammad SAW di mana orang Kristiani sendiri memandang Maryam sebagai Allah. Uskup Epifanius (abad IV) menulis bahwa di negeri Arab ada wanita-wanita yang menghormati Maryam sebagai Allah. Kemungkinan lain ialah bahwa orang-orang Kristiani begitu tinggi menghormati Maryam sehingga orang lain menafsirkan hal itu sebagai pemujaan kepada Allah.

Kedua, ajaran Kristiani tentang Trinitas memaksudkan bahwa hanya ada SATU ALLAH dalam TIGA PRIBADI. Ajaran tentang Trinitas ini berbeda dengan ajaran Triteisme, yaitu bahwa ada TIGA ALLAH yang berbeda. Sebenarnya kutipan Al-Qur’an di atas (5:116) menyiratkan penolakan terhadap Triteisme, yaitu Allah, Isa dan Maryam, bukan penolakan terhadap Trinitas yang diajarkan oleh agama Kristiani. Sesungguhnya, juga Gereja Katolik sendiri tidak mengajarkan dan menolak Triteisme. Ajaran tentang Trinitas tidak sama dengan Triteisme (bdk HIDUP, No 20, 18 Mei 2008).

Ketiga, untuk memberi sedikit gambaran tentang ajaran Trinitas, seorang ahli Islamologi, Said Nafi Ilam (Clear Proofs from the Koran, 1994) mengambil surat Al-Baqarah 253 sebagai titik-tolak: ”Di antara mereka ada yang Allah berkata-kata (langsung dengan dia) dan sebagiannya Allah meninggikannya beberapa derajat. Dan Kami berikan kepada Isa putera Maryam beberapamujizat serta kami perkuat dia dengan Ruhul Qudus.”

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*