Artikel Terbaru

Agustinus Prasetyantoko: Mengusung Perubahan di Atma Jaya

Agustinus Prasetyantoko
[HIDUP/Christophorus Marimin]
Agustinus Prasetyantoko: Mengusung Perubahan di Atma Jaya
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comAgustinus Prasetyantoko tak gentar kala dipercaya sebagai Rektor Universtitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta. Atma Jaya butuh orang muda agar lebih adaptif terhadap tuntutan perubahan zaman.

Pernah terbersit dalam benak Prasetyantoko untuk menerima tawaran bekerja di luar Universtias Atma Jaya Jakarta. Tawaran itu datang sesaat setelah ia terpilih sebagai Rektor Universitas Atma Jaya Jakarta. Menurutnya, tawaran itu lebih prestisius. Tapi Pras, demikian sapaannya, lebih memilih menjalankan amanah rekan-rekan di kampus. Meskipun ia tahu tidak mudah memangku jabatan itu. “Saya merasa ini panggilan, ini kontribusi saya bagi bangsa,” ujar Pras saat di temui di kantornya pekan lalu.

Selama ini, jabatan rektorat selalu diemban mereka yang sudah senior, baik dari sisi usia maupun profesi. “Hal ini juga yang jadi berat pada masa-masa awal tugas saya sebagai rektor,” ujar Pras yang dilantik menjadi Rektor Atma Jaya Jakarta pada awal Desember 2015 lalu. Sadar dengan keterbatasan ini, Pras kerap minta dukungan para senior dan beberapa tokoh di Atma Jaya, salah satunya Mgr Ignatius Suharyo, Pelindung sekaligus Ketua Pembina Yayasan Atma Jaya.

Pras sadar, menjadi pemimpin di kampus Katolik membutuhkan kebijaksanaan yang diukur dari kematangan usia. Maka bagi Pras, kerja sama dengan para senior dan tokoh-tokoh yang lain merupakan keharusan. “Agar saya juga belajar bijaksana dalam memimpin kampus ini,” katanya. Ia juga tak segan mengkomunika sikan konsep-konsep perubahan yang ada di kepalanya dan minta dukungan dari berbagai pihak.

Pengalaman mengenyam pendidikan di Seminari Menengah St Petrus Canisius Mertoyudan, Jawa Tengah, juga diakui Pras sangat membantu dalam mengampu tugas ini. Ada dua hal yang masih ia rasakan manfaatnya sampai sekarang. Pertama, kedisiplinan. “Tiap hari saya punya jadwal kegiatan yang sudah tersusun rapi sehingga memudahkan saya bekerja.”

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*