Artikel Terbaru

Santo Paulus Rasul: Semangat Paulus di Tanah Pasundan

Sumber: [moodle.ctsw.edu]
Santo Paulus Rasul: Semangat Paulus di Tanah Pasundan
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Pewartaan Injil perlu berakar kuat pada semangat misioner yang telah dilakukan Santo Paulus. Pada HUT paroki ke-51, warga Paroki Santo Paulus Depok diajak untuk kembali ke semangat awal para misionaris pendahulu. Puncak Perayaan Syukur Pesta Pelindung Paroki Santo Paulus Depok, Jawa Barat berlangsung meriah, Minggu, 3/7. Ribuan umat hadir dalam Ekaristi yang diimpin oleh Uskup Bogor Mgr Michael Cosmas Angkur OFM yang didampingi Provinsial OFM Pastor Adrianus Sunarko OFM, Pastor Deken Dekanat Utara Andreas Bramantyo Pr, Pastor Paroki St Paulus Depok Tauchen Hotlan Girsang OFM, Pastor Oki Dwihatmanto OFM, Diakon Agustinus Anton Widarto OFM, dan pastor tamu lainnya.

Perayaan ini menjadi momentum yang tepat untuk merefleksikan tumbuh dan kembangnya Gereja di Tanah Pasundan. Umat diajak untuk tidak melupakan semangat misionaris pendahulu. “Paulus adalah seorang rasul agung yang memberikan seluruh hidupnya bagi pewartaan Injil. Setelah pertobatannya, ia mewartakan Injil. Mewartakan Injil adalah kewajiban yang harus dipenuhi. Ia mengatakan, ‘Celakalah aku jika tidak mewartakan Injil’,” tegas Mgr Angkur.

Untuk menciptakan pewarta tangguh seperti Paulus, menurutnya, Gereja setempat harus memberikan perhatian khusus terhadap keluarga. Dari keluarga dibangun Gereja yang berkualitas. Pada kesempatan yang sama Uskup Bogor melantik pengurus orang muda katolik (OMK) Paroki Santo Paulus Depok Periode 2011–2013 sebagai bentuk kepedulian dan perhatiannya kepada keluarga, khususnya kaum muda.

“Kaum muda adalah pembawa perubahan kehidupan menggereja. Mereka seharusnya lebih berperan lagi sebagai penggerak kehidupan menggereja,” tegasnya.

Teladan kegigihan
Santo Paulus dipilih sebagai pelindung paroki yang beralamat di Jl Melati No 4 Depok Lama, karena teladan kegigihannya dalam mewartakan Injil. Demikian ungkap warga Paroki St Paulus, F.X. Bambang Supriyanto (70). “Kiranya semangat Paulus ini bisa diteladani umat di paroki ini,” tegas pengurus Seksi Rukun Kematian Umat Katolik (RKUK) Lingkungan St Agustinus ini.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*