Artikel Terbaru

Maria Pertolongan Orang Kristen

[lvmrosary.org]
Maria Pertolongan Orang Kristen
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comSaya dulu adalah seorang legioner dari presidium Maria Pertolongan Orang Kristen. Mengapa gelar ini sangat penting? Ketika saya ke Australia tahun lalu, saya terkejut karena Bunda Maria, Pertolongan Orang Kristen sangat dihormati dan dirayakan secara sangat meriah. Mengapa?

Lusi Oscar, Sidoarjo

Pertama, gelar Maria Pertolongan Orang Kristen adalah salah satu dari gelar-gelar yang diserukan dalam Litani Santa Perawan Maria yang berasal dari kota Loreto, Itali. Cikal-bakal litani ini sudah bisa ditemukan sejak sekitar 1200. Pada abad XV, doa litani ini sudah hampir terbentuk seperti adanya sekarang. Litani Santa Perawan Maria ini khususnya mulai dipakai sejak 1531 di kota kecil Loreto, di Itali tengah. Litani ini disahkan oleh Paus Siktus V pada 1587 dan berlaku untuk Gereja Universal. Sesudah itu, masih ditambahkan beberapa seruan baru dalam litani ini.

Kedua, seruan Maria Pertolongan Orang Kristen mulai menonjol ketika terjadi pertempuran antara armada Kristen melawan armada Turki di Laut Tengah pada 1571. Paus Pius V meminta agar Gereja memohonkan pertolongan Santa Perawan Maria, yang disebut Pertolongan Orang Kristen, dengan mendoakan rosario. Meskipun jumlahnya jauh lebih kecil, armada Kristen berhasil mengalahkan armada Turki dalam pertempuran sengit di Teluk Lepanto, Yunani, pada 7 Oktober 1571. Kekalahan tentara Turki di Lepanto itu sungguh bersejarah karena dengan demikian invasi tentara Turki ke Eropa bisa dihentikan. Tahun 1572, Paus menetapkan tanggal 7 Oktober sebagai pesta untuk menghormati Bunda Maria. Pesta itu semula disebut pesta “Maria Ratu Kemenangan” dan kemudian diubah menjadi “Maria Ratu Rosario” yang berlaku sampai sekarang.

Ketiga, seruan Maria Pertolongan Orang Kristen sekali lagi menjadi menonjol ketika pada 16­83, Paus Innocentius XI meminta agar Gereja memohon pertolongan Maria Pertolongan Orang Kristen dengan mendoakan rosario Santa Perawan Maria karena pada saat itu Wina dikepung oleh Ottoman dari Turki. Pertempuran mulai pecah pada 18 September, ketika Gereja merayakan kelahiran Bunda Maria. Secara ajaib, peperangan dimenangkan oleh tentara Kristen pada 12 September, yaitu pesta Nama Maria. Gereja sangat meyakini bahwa kemenangan ini terjadi karena pertolongan Bunda Maria.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*