Artikel Terbaru

Hambatan Baptisan Bayi

[stmarys-sprotbrough.co.uk]
Hambatan Baptisan Bayi
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comPastor, kakak perempuan saya menikah dengan seorang Protestan. Pernikahan mereka dulu itu hanya dilakukan di Gereja Kristen. Kesulitan muncul ketika anak mereka ingin dibaptis secara Katolik, Pastor Paroki kami menolak. Pastor Paroki meminta mereka membereskan perkawinan mereka terlebih dahulu. Sedangkan tidak jauh dari rumah kakak saya, ada keluarga mantan Pastor yang setahu saya, perkawinan mereka juga dilakukan di Gereja Kristen. Anehnya, anak mereka boleh dibaptis. Bukankah ini tidak adil? Mengapa ada perlakuan yang berbeda? Apakah karena Bapak keluarga itu adalah seorang mantan Pastor? Mohon bimbingan!

Lambertus Jelatu, Jakarta

Pertama, baiklah kita menanggapi permasalahan ini tidak secara emosional, tetapi dengan kepala dingin. Yang perlu kita gali ialah alasan-alasan di balik peristiwa ini. Menurut Hukum Gereja, agar seorang bayi bisa dibaptis, perlulah 1) sekurang-kurangnya satu dari orangtua yang legitim menyetujui; 2) ada harapan yang cukup beralasan bahwa anak itu akan dididik dalam agama Katolik. (KHK Kan 878 #1-2). Sah atau tidaknya perkawinan tidak menjadi hambatan untuk pembaptisan bayi. Bahkan bayi dari seorang Ibu yang tidak bersuami, juga boleh dibaptis. (Statuta Keuskupan Regio Jawa, Pasal 84).

Kedua, dalam permasalahan kakak Bapak, nampaknya syarat no 2 di atas itulah yang menjadi alasan. Mengapa? Pemberesan perkawinan kakak Bapak sebenarnya bukanlah tujuan utama, tetapi hanyalah merupakan cermin bahwa kakak Bapak peduli dan mau mengikuti ajaran Gereja Katolik. Jika untuk membereskan perkawinan mereka saja, yang sebenarnya cukup mudah, mereka sudah tidak peduli, apalagi untuk melakukan ajaran-ajaran iman Katolik lainnya. Jadi, bukan perkawinan mereka yang sebenarnya menjadi hambatan, tetapi sikap pribadi mereka yang menimbulkan keraguan apakah mampu membimbing iman anak tersebut secara Katolik.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*