Artikel Terbaru

Sifat Tubuh Yesus

[thebibleabookoftruth.blogspot.com]
Sifat Tubuh Yesus
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comPater, bagaimana mungkin Yesus menembus tembok, tetapi dikatakan bahwa Yesus memakan ikan? Jenis “daging” apa yang dimiliki oleh tubuh Yesus? Bagaimana harus dimengerti?

Rina Priyadi, Maumere

Pertama, kita perlu melihat apa pesan yang hendak disampaikan oleh masing-masing kisah penampakan dalam Injil. Memang dikatakan bahwa Yesus bisa tiba-tiba muncul di tengah ruangan yang terkunci (Yoh 20:19, 26), tiba-tiba lenyap (Luk 24:31), dan tiba-tiba muncul lagi di tempat lain (Luk 24:36). Badan Yesus sudah tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu.

Ungkapan-ungkapan ini hendak mengatakan bahwa tubuh Yesus sudah tidak sama dengan badan jasmani seperti sebelum kematian-Nya. Ada sesuatu yang baru. Ada yang berubah secara radikal, yang dirujuk sebagai “rohani” atau mulia. Sifat rohani badan Yesus yang bangkit itu mengatasi kemampuan manusia biasa untuk mencerapnya. Sifat rohani yang mengatasi dunia fisik ini dinyatakan oleh Lukas dengan ungkapan mereka “menyangka bahwa mereka melihat hantu.”

Sulit melukiskan apa dan bagaimana “jenis daging” yang dimiliki oleh tubuh Yesus yang bangkit, yang rohani dan mulia itu. Perlu rahmat Allah untuk mengenali kehadiran-Nya (Luk 24:31-32), seperti yang terjadi pada pengakuan Thomas, “Ya Tuhanku dan Allahku” (Yoh 20:28).

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*