Artikel Terbaru

Peran Bunda Maria

[turnbacktogod.com]
Peran Bunda Maria
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comApakah Bunda Maria hadir ketika para murid berkumpul dengan pintu tertutup karena takut kepada orang-orang Yahudi (Yoh 20:19)? Apa peran Bunda Maria ketika hadir di tengah para rasul untuk menantikan kedatangan Roh Kudus?

Patrisius Nyoo Ben Sie, Malang

Pertama, Injil Yohanes tidak berkata apa-apa tentang di mana keberadaan Bunda Maria ketika para murid berkumpul seperti dirujuk pada pertanyaan di atas (Yoh 20:19). Sangat mungkin memang Bunda Maria tidak hadir bersama mereka. Saya yakin, keadaan para murid akan berubah banyak seandainya Bunda Maria ada bersama mereka, karena iman Bunda Maria sudah teruji dalam berbagai goncangan iman, mulai sejak menerima kabar gembira dari Malaikat Gabriel sampai di bawah kayu salib di Kalvari. Pastilah Bunda Maria dengan pengalaman iman yang sedemikian kaya akan meneguhkan para murid. Hal ini tampak jelas pada saat mereka menantikan kedatangan Roh Kudus (Kis 1:14). Jelas, mereka tidak lagi takut.

Kedua, peran Bunda Maria akan tampak jelas jika kita membandingkan Yoh 20:19 dengan Kis 1:14. Kita bisa mengandaikan bahwa para muridlah yang mengundang Maria hadir di tengah mereka untuk meneguhkan mereka. Para murid menyadari kelemahan dan kerapuhan mereka ketika Bunda Maria tidak hadir. Jadi, kita bisa mengatakan bahwa sejak awal kelahiran Gereja, Bunda Maria hadir sebagai ibu yang ikut melahirkan anggota-anggota baru.

Peran Maria di antara para rasul akan kita mengerti dengan lebih baik jika kita menyadari relasi yang mendalam antara Maria dan Roh Kudus. Maria telah dipersiapkan Tuhan dan tumbuh dalam karunia Allah. Puncaknya ialah ketika Roh Kudus menaungi Maria (Luk 1:35) sesudah penyerahan total Maria kepada kehendak Allah. Buah naungan Roh Kudus ialah kehadiran bayi Yesus dalam rahimnya yang sekaligus merupakan bukti kedalaman relasi Maria dan Roh Kudus.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*