Artikel Terbaru

Pacar Saya Beragama Islam

[itsqueenelizabeth.blogspot.com]
Pacar Saya Beragama Islam
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com Pengasuh yang terkasih, perkenalkan nama saya Maria asal Kalimantan. Kini, saya berumur 23 tahun dan bekerja di sebuah pabrik di Jakarta. Sudah tiga tahun ini saya menjalin hubungan yang cukup serius dengan seorang cowok beragama Islam. Saya sangat mencintai pacar saya itu, begitu juga sebaliknya dengan dia. Dua hari yang lalu, kami membuat kesepakatan bahwa kami akan menikah dengan tetap mempertahankan agama kami masing-masing. Apa yang harus kami lakukan agar kami bisa menikah di Gereja secara Katolik? Syarat-syarat apa saja yang harus kami penuhi agar kami bisa melangsungkan pernikahan beda agama tersebut? Susah tidak mengurusnya?

Maria, Jakarta

Maria yang terkasih, sebelum saya menjawab pertanyaanmu, terlebih dahulu saya mau menegaskan bahwa di dalam perkawinan, suami-istri bersama-sama berusaha untuk membangun persekutuan seluruh hidup. Persekutuan tersebut terarah pada kesejahteraan keduanya sekaligus bersifat terbuka bagi hadirnya anak. Supaya persekutuan seluruh hidup bisa dicapai dengan mudah, maka Gereja mengharapkan agar orang Katolik menikah dengan pasangan yang juga Katolik. Perkawinan yang ideal menurut Gereja ialah perkawinan Katolik dengan Katolik. Oleh sebab itu, Gereja menjadikan perbedaan agama sebagai sebuah halangan agar seorang Katolik bisa menikah secara sah dengan mereka yang tidak dibaptis.

Ada beberapa alasan mengapa Gereja menjadikan perbedaan agama sebagai halangan untuk bisa melangsungkan perkawinan secara sah secara Katolik, kecuali dengan dispensasi. Pertama, Gereja menyadari bahwa hidup bersama dengan mereka yang tidak seiman bisa berpengaruh pada pihak Katolik dalam menghayati dan menghidupi imannya. Kedua, ada kesukaran-kesukaran konkret tak hanya terkait dengan penghayatan iman, tetapi juga dalam tugas dan tanggung jawab orangtua mendidik anak-anak yang lahir dari perkawinan. Ketiga, ada kesukaran konkret mengenai penghayatan perkawinan.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*