Artikel Terbaru

Menjadi Guru Teladan

(ist)
Menjadi Guru Teladan
1 (20%) 1 vote
HIDUPKATOLIK.com – Majelis Nasional Pendidikan Katolik (MNPK) sedang menyoroti “keteladanan kepemimpinan kepala sekolah di sekolah-sekolah Katolik”. Disadari, bila ingin memulai perubahan di sekolah, maka kepemimpinan kepala sekolah mesti lebih efektif. Kepala sekolahlah yang dapat menggerakkan perubahan di sekolah.
Sesungguhnya, setiap individu memiliki potensi berkembang, berpotensi melakukan inovasi. Kepala sekolah adalah kunci yang dapat memicu perubahan dan inovasi tersebut. Kepala sekolah yang memimpin secara efektif menunjukkan kemampuan mengelola, berdedikasi, mempunyai kesungguhan bekerja, menjadi contoh, berdisiplin, serta mempunyai integritas diri, sehingga dimampukan menjadi motor pengerak. Bila para guru dapat didorong meningkatkan kualitas, maka kualitas pendidikan di sekolah akan mengalami perubahan. Kualitas pencapaian belajar siswa ditentukan kualitas guru. Kualitas kinerja guru tergantung kepada motivasi, dorongan, ajakan, kepemimpinan, dan manajemen yang digerakkan kepala sekolah.
Saat ini, setiap sekolah swasta berlomba menawarkan program-program unggulan yang khas, yang tidak dimiliki sekolah-sekolah gratis. Misal menawarkan program “mendidik anak berkarakter dan berprestasi”. Artinya, di sekolah itu, selain para siswa berprestasi, juga mengembangkan karakter yang penting, seperti disiplin, melayani, menghargai orang lain, memiliki integritas, dan menjadi pembelajar yang ingin belajar terus-menerus. Tentu saja dalam proses pembentukan karakter tersebut, para guru memiliki peranan sangat besar, karena para guru adalah role model yang bisa diobservasi para peserta didik. Dalam diri para guru, mereka melihat dan mengalami sendiri karakter disiplin, melayani, menghargai, loyalitas, dan integritas.
Karakter hanya dapat ditransfer kepada anak didik melalui pengalaman langsung, bukan melalui kata-kata. Tentu saja kualitas karakter guru menentukan kualitas karakter yang akan dikembangkan anak-anak. Di sinilah letak peranan kepemimpinan kepala sekolah yang mesti mampu terus-menerus menggerakkan, mendorong, memotivasi setiap guru agar bisa menjadi teladan karakter bagi para siswa. Bila hal itu terjadi, maka inovasi dan pembaruan di sekolah tersebut perlahan tapi pasti akan terjadi.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*