Artikel Terbaru

Dua Tarekat yang Didirikan Vinsensius

[Sumber: ww.tenbunderen.be]
Dua Tarekat yang Didirikan Vinsensius
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – REFLEKSI mendalam Vinsensius tentang kemiskinan tampak dalam pesannya kepada Congregatio Missionis (CM) dan suster-suster Putri Kasih (PK) yang ia dirikan: “Anda hanya dapat memiliki Tuhan, jika Anda menanggalkan harta milik duniawi. Dengan kata lain, Anda baru menjadi kaya kalau Anda memiliki Tuhan. Yesus sendiri telah merintisnya.”

Semangat para suster PK tergambar nyata dalam logonya yang bertuliskan: “Caritas Christi urget nos”, yang berarti Cinta Kasih Kristus mendorong kami. Tulisan ini mengelilingi gambar hati yang bernyala yang di depannya terdapat gambar salib. Menurut Vinsensius, bila seorang suster PK berjumpa dengan orang miskin sepuluh kali dalam sehari, sepuluh kali itu pula ia berjumpa dengan Yesus.

PK di Indonesia berawal dari kedatangan tiga suster pertama, yakni Sr Andrea PK, Sr Henriette PK, dan Sr Amelia PK pada 1931, atas undangan Prefek Apostolik Surabaya, Mgr Theophile de Backere CM.

Saat ini, para suster PK mengabdi di beberapa wilayah di Indonesia, seperti di Keuskupan Surabaya, Keuskupan Malang, Keuskupan Agung Jakarta, Keuskupan Sintang, dan Keuskupan Banjarmasin.

Sedangkan para Lazaris, sebutan untuk para anggota CM, berkarya di Surabaya sejak 1923 atas undangan resmi Propaganda Fide, karena desakan Serikat Yesus yang kewalahan menangani karya misi di wilayah Vikariat Apostolik Batavia.

CM didirikan pada 17 April 1625 sebagai persaudaraan imam-imam Praja dengan misi, khusus melayani umat pedesaan yang miskin dan terlantar. Karena rumah induk mereka di Saint Lazare, para imam CM juga disebut imam-imam Lazaris. Pada Januari 1633 Paus mengakui keberadaan CM.

Stefanus P. Elu/John Tondowidjojo CM

Sumber: Majalah HIDUP Edisi No. 40 Tanggal 2 Oktober 2011

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*