Artikel Terbaru

Sebentar Lagi KPP Tinggal Memori

Penyajian materi KPP Dekanat Pusat di aula Sekolah St Ignatius Loyola Menteng, Jakarta Pusat.
[HIDUP/Stefanus P. Elu]
Sebentar Lagi KPP Tinggal Memori
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comTiap tahun Paroki-paroki di KAJ menggelar Kursus Persiapan Perkawinan (KPP) untuk membantu calon pasangan keluarga Katolik. Mulai 2017, tak ada lagi KPP.

Astrid Anggraini Irwanputeri mondar-mandir di aula Sekolah St Ignatius Loyola Menteng, Jakarta Pusat. Sesekali ia menghampiri meja registrasi, menulis sesuatu, lalu beralih lagi ke meja di seberang ruangan untuk mengecek snack dan minuman. Jelang makan siang, ia sibuk menerima kotak-kotak makan dan membayar pesanan. Astrid tak sendiri. Ia dibantu beberapa rekannya.

Itulah potret kesibukan karena berlangsungnya KPP. Pada bulan Oktober, KPP Dekanat Pusat Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) diadakan di Paroki St Igantius Jalan Malang, Jakarta Pusat. Astrid dan rekan-rekannya bertugas menyiapkan segala kebutuhan selama kursus, mulai dari registrasi peserta hingga urusan perut.

Di sela-sela kesibukan, Astrid yang menjabat sebagai Ketua Seksi Kerasulan Keluarga (SKK) Paroki Jalan Malang mengatakan, KPP hari itu merupakan kali kedua di Paroki Jalan Malang. Kali pertama diadakan pada April lalu. Peserta berasal dari Paroki-paroki di Dekanat Pusat; juga dari Dekanat lain. Rata-rata tiap kali menggelar KPP, peserta berkisar 20-40 pasang.

KPP di Dekanat Pusat diadakan secara bergantian oleh paroki-paroki yang masuk wilayah Dekanat itu. “Ada enam Paroki, sehingga dalam satu tahun setiap Paroki kebagian dua kali mengadakan KPP,” ujar istri Darwin Winata ini.

Di akhir pekan yang sama, KPP juga diadakan oleh Dekanat Utara. Kegiatan menyiapkan calon keluarga Katolik itu digelar di Paroki Stella Maris Pluit, Jakarta Utara. Ketua SKK Paroki Pluit, Paternus Suhono Tjokro mengatakan, jumlah peserta KPP di Paroki Pluit berkisar 40-50 pasang. Seperti di Dekanat Pusat, Paroki Pluit juga membuka kesempatan kepada pasangan dari paroki lain yang mau memilih ikut KPP di Paroki Pluit.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*