Artikel Terbaru

St Matias Rasul: Martir, Pengganti Yudas Iskariot

St. Matias Rasul. [icrsp]
St Matias Rasul: Martir, Pengganti Yudas Iskariot
3 (60%) 2 votes

HIDUPKATOLIK.com – Santo Matias adalah seorang yang sederhana dan nyaris tidak kelihatan dalam bilangan para rasul. Ia terpilih menjadi rasul yang menggantikan Yudas Iskariot. Kesetiaan Matias mengikuti Yesus dari awal karya hingga kebangkitan Yesus menginspirasi umat Paroki Kosambi Baru untuk memilihnya menjadi pelindung paroki mereka. Warga paroki ini menghormati Santo Matias secara khusus dengan mendirikan patung St Matias setinggi dua meter di halaman Gereja Paroki St Matias Rasul Kosambi Baru, Jakarta Barat. Patung bercat abu-abu metalik yang memegang kapak dan kitab yang berbahan aluminium ini merupakan karya perupa kontemporer Indonesia, Agus Suwage. Patung ini bertumpu pada batu marmer.

Adorasi dan dialog
Di batu tempat bertumpu patung St Matias, tertulis riwayat singkatnya. Di bagian belakangnya terdapat logo dan motto Paroki Kosambi Baru, yaitu “Duc in altum” dan pesan tertulis dari Pastor Paroki Kosambi Baru, A. Susilo Wijoyo Pr. Pesan ini berbunyi, “Dalam terang Roh Kudus mari kita wujudkan Gereja St. Matias Rasul, Paroki Kosambi Baru yang berakar dalam iman Kristiani, bertumbuh dalam persaudaraan sejati dan berbuah dalam pelayanan kasih.”

Pastor Susilo menjelaskan, pesan ini merupakan harapan paroki sekaligus perwujudan arah dasar pastoral Keuskupan Agung Jakarta yang dicanangkan Mgr Suharyo. Lebih lanjut, ia mengatakan, “Dalam upaya menghayati spiritualitas Santo Matias Rasul sebagai santo pelindung paroki, setiap tahun menjelang pesta namanya pada 14 Mei, kami melakukan adorasi di kapel.”

Dalam adorasi ini, warga mengenal dan memahami pribadi St Matias dengan membaca riwayat singkatnya. Dan, diperdengarkan pula cuplikan dari Kitab Suci perihal pemilihan St Matias sebagai rasul. “Sehingga, selain mengetahui riwayatnya, kami juga memahaminya lewat Kitab Suci. Lalu, kami sertakan doa melalui santo pelindung di hadapan Sakramen Mahakudus,” jelas Pastor Susilo.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*