Artikel Terbaru

Santa Catharina dari Siena: Menolak Menikah, Memotong Rambut

Santa Catharina dari Siena. [www.discerninghearts.com]
Santa Catharina dari Siena: Menolak Menikah, Memotong Rambut
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Meski menemui berbagai rintangan yang menghalangi niatnya menjadi biarawati, Catharina tak pernah gentar. Ia tetap tabah dan gembira menerima semua itu. Mulai dari hukuman yang diberikan orangtuanya hingga derita penyakit cacar.

Hal inilah yang mengilhami pengurus Gereja Santa Catharina Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur dan para pastor Paroki Kalvari Lubang Buaya, Jakarta Timur untuk mulai melakukan berbagai usaha agar umat Paroki Kalvari dan umat Katolik yang berkunjung ke TMII mengenal kegigihan dan semangat Santa Catharina.

Tidak pernah ada kata terlambat untuk hal ini meski baru dimulai setelah 35 tahun Gereja Santa Catharina berdiri di dalam kompleks TMII. Sebagai perwujudan dari usaha ini, patung Santa Catharina dari Siena setinggi empat meter telah menghiasi gerbang pintu masuk gereja.

Menurut Petrus Richard Baltazar, pengurus dari Paroki Kalvari yang menangani kegiatan peribadatan di Gereja Santa Catharina, renovasi memang baru berjalan sejak Agustus 2011. Renovasi ini termasuk membangun pendopo di kiri kanan gereja, agar semakin banyak umat yang bisa mengikuti Misa. Kapasitas di dalam ruangan gereja hanya untuk 300 orang.

Pada awalnya gereja ini dibangun sebagai perwakilan salah satu simbol agama-agama yang diakui Pemerintah Indonesia. Ketika Paroki Kalvari belum berdiri, gereja ini masuk dalam peta Paroki Santo Robertus Bellarminus Cililitan, Jakarta Timur. Mengingat gereja juga berfungsi sebagai tempat beribadat, maka mulai diadakan kegiatan peribadatan di tempat ini. Imam yang pertama kali melayani Misa adalah Pastor Thomas Hebo Pr, seorang imam yang bertugas di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Sejak 1979, Misa dilaksanakan dua kali sebulan, lalu menjadi tiga kali sebulan sejak 1980.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*