Artikel Terbaru

Kelebihan Isa Almasih

[vimeo.com]
Kelebihan Isa Almasih
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comAgama Islam mengajarkan, Yesus Kristus atau Isa Almasih adalah nabi. Apakah mungkin kita menunjukkan ”kelebihan” Yesus sebagai nabi dibandingkan dengan nabi-nabi yang lain? Bagaimana pandangan Romo?
Ignatius Timetenden, Malang

Kalau kita hendak menunjukkan siapa Yesus kepada sahabat Muslim, kita perlu menggunakan Al Quran sebagai sumber rujukan.

Pertama, kelahiran-Nya sungguh ajaib, karena dilahirkan dari kuasa Allah, artinya tidak mempunyai bapak duniawi dan lahir dari seorang perawan: ”Maryam berkata: ’Bagaimana akan ada bagiku seorang anak, sedang aku belum pernah disentuh seorang laki-laki pun (suami) dan tiadalah aku perempuan jahat.” (Maryam, 19:20). Dengan demikian, Nabi Isa berbeda dari manusia-manusia dan utusan-utusan lainnya, karena Dia lahir bukan dari hubungan suami-istri.

Kedua, sebagai nabi, Isa dinyatakan tidak pernah berdosa, tidak pernah berdoa untuk mohon pengampunan dosa. Al Quran menegaskan, Nabi Isa hidup tak bercacat cela juga pengajaran-pengajaran-Nya.

Ketiga, Nabi Isa adalah Firman Allah. ”Hai Maryam, sesungguhnya Allah memberi kabar gembira kepada engkau dengan perkataan (perintah) dari Allah namanya Almasih, Isa putra Maryam seorang yang terkemuka di dunia dan di akhirat, dan salah seorang daripada orang-orang dekat (kepada Allah).” (Imran, 3:45). Dalam bahasa aslinya, Arab, teks itu berbunyi: kalima minhu, is minhu yang berarti perkataan dari Allah, namanya … Menarik dicermati bahwa kalima berjenis feminin, tetapi namanya berjenis maskulin. Hal ini menunjukkan bahwa kalima tidak boleh diartikan sebagai kalimat atau firman biasa, tetapi adalah seorang pribadi, yaitu nabi Isa.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*